oleh

Hari Ini KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2019 ke Luar Negeri

RADARLUWURAYA.com – Logistik Pemilu 2019 untuk dapil luar negeri mulai dikirim. Total ada 130 negara yang dituju.

“Hari ini tanggal 17 Februari akan dikirim ke wilayah yang terjauh agak sulit jalur distribusinya, kondisi geografisnya juga punya karakteristik tertentu, itu ke Afrika dan Amerika Latin,” kata Ketua Komisi Pemiliha Umum (KPU), Arief Budiman di gudang logistik KPU, Komplek Pergudangan Zoodia, Jl. Husein Sastranegara No.1 Benda, Kota Tangerang, Minggu (17/2).

Sementara di hari berikutnya, 18 dan 19 Februari, pengiriman logistik dituju dua negara lain yakni Amerika dan Asia.

“Kemudian pada tanggal 20 Februri ke Timur Tengah, tanggal 21 dan 22 Februari akan dikirim ke Pasifik. Kemudian Tanggal 22 dan 25 Februari ke Eropa dan sebagian Asia,” urai Arief.

Arief menekankan, pengiriman logistik Pemilu bukan hanya soal strategi waktu, namun juga strategi penyimpanan.

“Sehingga begitu sampai di sana, teman-teman perwakilan (Panitia Pemilihan Luar Negeri/PPLN) di 130 negara itu harus betul-betul memperhatikan aspek penyimpanan, jangan sampai sudah ada di sana kemudian ada sesuatu hal logistik itu tidak bisa dipergunakan sebagaimana mestinya,” pesan Arief.

Logistik yang dikirim KPU berupa surat suara presiden dan DPR DKI Jakarta 2, tinta, segel, hologram, formulir, dan seluruh kelengkapannya.

Paket logistik yang telah disegel tidak akan dibongkar untuk pemeriksaan di bandara. Total surat suara dikirim hari ini, yaitu 18.268 surat suara.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir menyambut baik proses pendistribusian logistik Pemilu 2019 ini.

“Bagaimana pun juga kita harus akui sebaran warga kita di luar negeri cukup luas, dengan tersedianya logistik lebih awal memudahkan teman-teman melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” kata Fachir. (RadarLuwuRaya/Rmol)

Komentar