oleh

IMM IAIN Palopo Gandeng Empat OKP Bongkar Peran Perempuan

RADARLUWURAYA.com – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) IAIN Palopo bakal gelar Dialog dan Bazar di Dapoer 66 Jl. Dr. Ratulangi Balandai Kota Palopo, Sabtu (15/12) besok mulai pukul 19.30 Wita.

Dialog ini terbuka untuk umum dan akan membahas tentang
“Perempuan dalam mencerahkan peradaban bangsa masa kini”.

Dialog ini akan menghadirkan beberapa Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda (OKP) lingkup IAIN Palopo seperti PMII, HMI MPO, IMM, KAMMI, dan HMI sebagai pemantik dialog.

Panitia pelaksana kegaiatan PK IMM IAIN Palopo, Mutiara kepada Radarluwuraya.com, Jumat (14/12) malam mengatakan, perempuan di era sekarang secara mayoritas lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki.

Maka dari itu, kehadirannya dalam publik sangat diharapkan sebagai insan untuk melakukan perubahan. Sehingga perempuan tidak bisa lagi dipandang sebagai hanya mengisi tiga tempat yaitu sumur, kasur dan dapur

“Tetapi lebih dari itu kesuksesan dalam peradaban masa kini ditentukan bagaimana keterlibatan perempuan dalam mengisi ruang ruang publik yang ada,” katanya.

“Dialog dan bazar ini lahir dari melihat kondisi kekinian dimana sebagaian besar Perempuan masih minder terhadap diskusi, sementara dalam membahas tentang keperempuanan tidak ada habisnya,” jelas Mutiara yang juga merupakan Ketua Komisariat IMM Din Syamsuddin IAIN Palopo.

Dirinya menilai, saat ini perempuan masih minim ketertarikannya terhadap pembahasan kemajuan bangsa dan literasi. Hal ini lantaran akibat hegemoni yang secara masif dijajakan era melenial seperti kecanggihan tehnologi, media sosial, dunia maya, termasuk fashion.

“Maka dari itu kita memggenjot literasi (Menulis, Membaca dan diskusi). Perempuan juga merasa terpinggirkan karna minder dan kurang tertarik, itu karna memang minat bacanya yang kurang. Sehingga perempuan juga lebih fokus terhadap tugas kuliah tanpa memperhatikan aktifitas diluar perkuliahan,” tandasnya.

Dialog ini akan dipandu oleh Yuspianita, yang menghadirkan perwakilan masing-masing OKP sebagai narasumber yakni Nurhalisa dari KOPRI PMII, Wulandari dari KOHATI HMI MPO, Wiyas Tuti Elsa S dari IMM, Darmayanti dari KAMMI, Nurfadilla dari HMI. (Herman)

Komentar