oleh

Indah Klaim, Kini Luwu Utara Mandiri Benih

RADARLUWURAYA – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyerahkan bantuan bibit kakao sambung pucuk kepada tiga kelompok tani di Desa Kappidi Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Luwu Utara, Kamis (15/11/18).

Penyerahan Bantuan bibit ini juga dirangkaikan dengan Penanaman Perdana Bibit Kakao Sambung Pucuk oleh Bupati indah putri Indriani bersama Kasi intel Kejaksaan negeri Luwu Utara, Kapolsek Mappedeceng dan Camat Mappedeceng.

Kepala Dinas Tanaman pangan Holtikultura dan perkebunan, Agussalim Lambong menyebutkan jika tahun ini ada tiga kelompok yang mendapat bantuan bibit kakao di Kecamatan Mappedeceng.

“Ada dua sumber bantuan yang hari ini kita serahkan, pertama 80 Hektar dari APBN dan 37,5 hektar dari APBD II,”kata Agussalim Lambong.

Untuk itu, dengan bantuan ini kita berharap kakao ini bisa kembali dalam rangka meningkatkan produksi dan produksitivitas kakao. Apalagi masalah banjir sudah bisa di atasi, karena ini salah satu bomerang bagi para petani kakao.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menjelaskan jika semua bibit yang diberikan adalah bibit yang bersertifikat.

“Kita berharap bantuan yang kita berikan adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Dan bagi kelompok tani yang mendapatkan bantuan dapat menjaga ini sampai berkesinambungan,”ucap Indah.

Ia juga menyebutkan sudah seharusnya kita bersyukur ,karena di luwu utara sangat cocok untuk tanaman hortikultura dan perkebunan.

“Untuk tahun ini, kita persiapakan Luwu Utara bisa mandiri benih, apalagi benih kakao MCC 02 kita telah mendapat SK dari menteri pertanian RI sebagai klon unggul nasiobal dan tahun depan akan kita masukkan dalam e-katalog, jadi kalau ada yang ingin membeli bisa melalui e-katalog,”jelas Indah Putri. (aksan)

Komentar