oleh

Indah : Wirausaha Mengurangi Angka Kemiskinan

RADARLUWURAYA.com- Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu Utara Gelar menyerahan Penghargaan Wirausaha Berprestasi Program Pemberian Dana Bantuan Stimulan/Penghargaan Bagi Wirausaha Pemula, di Command Center Kantor Bupati Luwu Utara Jumat (28/12/2018)

Kepala Dinas DP2KUKM Muslim Muchtar menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan motivasi kepada pelaku UKM diwilayah Kabupaten Luwu Utara disemua Kecamatan.

“Meningkatkan jenis usaha dalam kualitas dan kuantitas tata kelola kemasan dan tata kelola rasa. Pelaku usaha ini telah membantu pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Pelaku usaha ini terdiri dari industri makanan, sektor perbengkelan, industri pariwisata komunitas rumah panggung,” kata Kadis DP2KUKM, Muslim Muchtar.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani dalam penyampaiannya, program ini telah melalui banyak tahapan, dan pemerintah mengapresiasi kepada semua yang telah melalukan usaha secara mandiri, dukungan harus kita berikan dan usaha dapat terus berlanjut dan diberikan modal oleh pemerintah daerah

“Pemerintah Daerah penting memberikan stimulan kepada para pemula dan memberikan semangat kepada para wirausaha. Ada 2 Miliar disiapkan pemerintah untuk 200 kelompok tetapi hanya 59 kelompok yang bersyarat dan sudah siap mendapatkan bantuan stimulan,” Ucap Indah Putri Indriani.

Ia menambahkan, yang paling penting adalah bukan bantuan stimulan tetapi bagaimana peningkatan usaha dapat berkembang kedepannya. Luwu Utara salah satu kabupaten yang cepat turun angka kemiskinannya dengan 7,6 persen perkembangan dari segi ekonomi.

“Besar harapan pemerintah daerah dari perilaku konsumtif menjadi produktif, dari pencari kerja ke memberi lapangan pekerja. Kita semua kelompok usaha berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Luwu Utara dan angka bantuan yang kita berikan diharapkan dapat terkonversikan dengan baik,” tambahnya.

Semoga kedepan kelompok usaha dapat berkembang dan sukses serta mampu menciptakan kader usaha yang baru.

Dalam kegiatan ini, Penyerahan penghargaan secara simbolis kepada kelompok wirausaha Hanum Arista, KUB Sikandi, 26 Craft, Kiki eskrim, Tomoma dan Moramba. Penyerahan bantuan stimulan ini diserahkan kepada 59 kelompok wirausaha sebanyak masing-masing 10 juta. (Herman)

Komentar