oleh

Ingin Lulus CPNS ? Pelamar Wajib Capai Nilai SKD

RADARLUWURAYA.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuka pendaftaran CPNS 2018 mulai 19 September mendatang.

Banyak hal yang wajib diketahui para pelamar CPNS agar dapat lulus pada seleksi ini. Salah satunya adalah soal ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Jika tidak memahamiaturan yang tertuang didalam PermenPAN-RB Nomor 37 Tahun 2018, pelamar CPNS dipastikan tidak lulus.

Demikian diungkapkan Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB, Mudzakir. Menurutnya, bagi pelamar yang ingin lulus dalam mengikuti seleksi CPNS 2018 harus memenuhi ambang batas nilai SKD.

BACA JUGA : Catat! Pemda Luwu Buka Pendaftaran CPNS 19 September

Pada Pasal 2 PermenPAN-RB itu, disebutkan bahwa SKD CPNS meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Kalau mau lulus, ya harus hasil tesnya sama atau melampaui nilai ambang batas yang telah ditentukan untuk setiap jenis tes,” katanya.

Pada pasal 3 PermenPAN-RB 37/2018 dipaparkan, nilai ambang batas SKD CPNS untuk TKP sebesar 143, TIU 80, dan TWK 75. Sehingga pelamar CPNS yang dinyatakan lulus minimal mampu mencapai nilai minimal 298. Meski demikian, bukan hanya nilai akumulatifnya saja yang akan dilihat.

BACA JUGA : Ini Jadwal Dan Formasi Lengkap Penerimaan CPNS 2018

“Bukan hanya nilai akumulatif saja yang dlihat. Tetapi, ketiga tes yang diikuti, nilainya harus diatas passing grade misalnya,” jelas Muzakkir.

Sedangkan bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus, nilai kumulatif SKD putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cum laude) dan Diaspora paling sedikit 298, dengan nilai TIU paling rendah 85. Nilai kumulatif SKD bagi penyandang disabilitas paling sedikit 260, dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70.

BACA JUGA : 100 Ribu Honorer akan Diangkat Jadi CPNS Tahun Ini…

Sementara nilai kumulatif SKD bagi guru, tenaga medis/paramedis dari eks tenaga honorer K2 paling sedikit 260 dengan nilai TIU paling sedikit 60. Dan nilai terendah dari peserta seleksi CPNS olahragawan berprestasi internasional merupakan nilai ambang batas hasil SKD.

“Jadi kalau guru honorer K2 ingin jadi CPNS, maka harus memiliki nilai SKD paling sedikit 260 dengan nilai TIU paling sedikit 60,” tandasnya.

BACA JUGA : SPBU Terbakar, Satu Korban Alami Luka Bakar

Sekedar diketahui, pendaftaran CPNS dibuka di 527 instansi daerah dan 76 kementerian/lembaga. Tercatat 238.015 formasi CPNS yang disediakan. Itu didominasi guru, dosen, dan tenaga kesehatan. (*)

Komentar