oleh

Ini 10 Poin Himbauan Bupati Lutim Dalam Mencegah Penularan Covid-19

MALILI, RADARLUWURAYA.COM– Bupati Luwu Timur, H.M Thorig Husler menghimbau warganya jangan panik dengan merebaknya wabah virus corona atau covid-19.

Husler pun sudah mengeluarkan surat himbauan nomor: 440/0069/Bup tertanggal: 10 Maret 2020.

Surat imbauan tersebut menindaklanjuti surat edaran Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Nomor: 440.4.1/00739 Dinkes tanggal 21 Januari 2020 perihal kewaspadaan pneumonia novel coronavirus (nCov2019).

Surat diterima, Senin (16/3/2020). Surat ini juga sudah beredar di group WhatsApp Masyarakat Luwu Timur agar tidak panik dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Namun, warga diminta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan mengenali gejala virus corona seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

Dan terpenting, warga dihimbau untuk melakukan upaya pencegahan dengan cara sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran dengan banyak konsumsi sayur dan buah, rajin melakukan aktivitas fisik serta istirahat yang cukup agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat.

2. Mencuci tangan secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub
berbasis alkohol.

3. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).

4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah).

5. Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika anda sakit atau saat berada
di tempat umum.

6. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan anda.

7. Menunda perjalanan ke daerah/negara terjangkit Covid-19.

8. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan minta bantuan mereka saat anda merasa kurang sehat, terutama jika anda merasa demam, batuk dan sulit bernapas apabila dalam 14 hari sebelumnya anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pemah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama.

9. Selalu berdoa dan meminta pertolongan Allah SWT.

10. Memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika mengalami sakit.

Komentar