oleh

Ini 6 Fokus Utama RKPD 2019 Palopo

RADARLUWURAYA – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 telah disahkan. Ada enam fokus utama Pemerintah Kota Palopo dalam RKPD tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo, Firmanza DP kepada radarluwuraya.com. Menurutnya untuk RKPD yang mengusung tema, ‘pembangunan daerah yang merata berkualitas dan berkelanjutan’ akan memprioritaskan 6 program dengan kerangka pendanaan sebesar Rp583,5 Miliar.

BACA JUGA : Optimalkan Peran PPNS, Bupati Teken MoU dengan Kejaksaan dan Polres Luwu Timur

Keenam program tersebut, yakni peningkatan SDM, penanganan kemiskinan terpadu dan peningkatan layanan dasar. Kedua, pemerataan dan peningkatan kualitas infrastruktur dan penanganan lingkungan perkotaan yang berkelanjutan dan ketiga adalah peningkatan perekonomian daerah dari sektor jasa, perdagangan dan industri rumah tangga masyarakat.

Kelima, peningkatan ketahanan dan keamanan pangan, stabilitas ketertiban dan kenyamanan daerah serta kesuksesan pemilu serta yang terakhir adalah tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi yang diharapkan bermuara pada terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih.

BACA JUGA : Kantor BPN/ATR Luwu Timur di Geledah Tim Penyidik Tipikor Polda Sulsel

”Program prioritas mendukung 6 Standar pelayanan minimal (SPM) dan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD),” katanya.

Dalam penyusunan RKPD tahun 2019 menurut Firmanza, pihaknya tidak lagi menunggu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022.

”Pasalnya, dalam penyusunan RPJMD 2018-2022, aturannya 6 bulan setelah pelantikan walikota, RPJMD bisa disahkan. Jadi, kita tidak menunggu RPJMD, karena RKPD ini juga sifatnya mendesak,” ungkapnya. (john)

Komentar