oleh

Ini Poin Penting Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Kota Palopo Tahun 2018-2023

RADARLUWURAYA.com – Menindaklanjuti surat edaran Walikota Palopo perihal penyusunan rancangan awal Renstra Perangkat Daerah Tahun 2018-2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Bappeda Kota Palopo menggelar rapat penyusunan Renstra Perangkat Daerah Tahun 2018-2023 di Auditorium Saokotae Palopo, Jumat (14/12).

Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si sekaligus membuka rapat tersebut menyampaikan, beberapa point penting dalam penyusunan rancangan awal Renstra Perangkat Daerah.

Antara lain, sinkronisasi dan sinergitas program dan kegiatan, termasuk penetapan target kinerja yang semuanya diawali dengan penyelarasan tujuan, sasaran, strategis dan kebijakan daerah sebagaimana yang tercantum dalam dokumen rancangan awal RPJMD 2018-2023.

RMB dalam kesempatan ini menekankan, kepala Perangkat Daerah agar tahu betul apa yang harus dilakukan terkait rencana dan strateginya.

“Harus serius dalam penyusunan RPJMD dan harus sinkron dengan Visi Misi Kota Palopo, karena adalah hal atau sesuatu yang penting bagi kita.” ungkap RMB.

Lanjut dikatakannya, jika penyusunan renstra ini dapat berjalan baik insyaallah apa yang menjadi visi misi yang tertuang dalam RPJMD, akan tercapai Kota Palopo yang lebih maju dan berkembang di 2023 mendatang.

Besar harapan RMB pada rapat tersebut dapat melahirkan rencana pembangunan daerah yang lebih bersinergi dan mengeliminasi ego sektoral perangkat daerah, dengan memastikan bahwa masyarakat dan dunia usaha turut mengambil peran, namun tetap mengedepankan prinsip money follow program bukan lagi money follow the function.

“Kalau ini jalan tujuan dan sasaran yang menjadi cita-cita sekaligus harapan Pemerintah dan masyarakat Kota Palopo dapat tercapai secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Pada ageda tersebut disampaikan materi terkait Penyusunan Renstra-Perangkat Daerah Perspektif Peremendagri 86/2017 oleh Pembicara Prof. DR. Ir. Darmawan Salman MS KPS S3 Ilmu Pertanian UNHAS dan Dr. Sultan Suhab SE., M.Si KPS Magister Ekonomi Pembangunan & Perencanaan FEB-UNHAS.

Turut hadir pada rapat tersebut diantaranya Asisten I Bidang Pemerintahan, Burhan Nurdin, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Munasirah, Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat, Dr. Suyuti Yusuf, dan para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo. (*)

Komentar