oleh

Jelang Natal, 11 Napi Rutan Kelas II B Masamba Dapat Remisi

RADARLUWURAYA.com – Jelang Natal 2018, Nara pidana (Napi) Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Masamba, Kabupaten Luwu Utara dapat remisi. Demikian diungkapkan Kepala Rutan Kelas II B Masamba, Efendi Wahyudi  kepada Radarluwuraya.com, Sabtu (8/12).

“Ada remisi khusus untuk natal bagi warga binaan pemasyarakatan khusus yang beragama nasrani yang sudah memenuhi syarat,” katanya.

Disebutkannya, jumlah napi warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Masamba sebanyak 360 orang. Adapun untuk napi yang beragama nasrani (protestan n khatolik) sebanyak 27 orang.

BACA JUGA : Rutan Kelas II B Masamba Gali Keterampilan Napi Buat Mobiler

“Yang diusulkan untuk dapat remisi natal hanya 11 orang. Ini telah memenuhi persyaratan administrasi dan substantif,” jelasnya.

Untuk diketahui, Remisi merupakan pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

BACA JUGA : Warga Yang Ditahan Oknum Mengaku Polisi, Diduga Sindikat Peretas WA

Menurut Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana terkecuali yang dipidana mati atau seumur hidup.

BACA JUGA : Antrian Panjang di SPBU, Bupati Luwu Utara Keluarkan Surat Edaran

Sementara Menurut Pasal 1 Ayat 6 Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. (ale)

Komentar