oleh

KASN Ancam Dua Oknum ASN Palopo Disanksi Disiplin PNS

Koordinator KASN Wilayah Sulawesi Selatan, Nurhasni (istimewa)

RADARLUWURAYA.com – Terkait rekomendasi Bawaslu Kota Palopo terhadap 2 Oknum ASN Pemkot Palopo yang diduga terlibat politik praktis menjelang Pileg dan Pilpres 2019 mendatang ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), KASN Wilaya Sulawesi Selatan mengaku belum menerima berkas rekomendasi tersebut.

Demikian diungkapkan, Koordinator KASN Wilayah Sulawesi Selatan, Nurhasni kepada radarluwuraya.com, Jumat (07/12).

Untuk diketahui, Bawaslu Kota Palopo telah melakulan investigasi ke 2 Oknum ASN yakni Sekretaris Kelurahan Boting berinisial IB dan ASN kesbangpol Palopo berinisial IR yang telah terbukti melanggar Netralitas ASN.

“Sampai hari ini rekomendasi Bawaslu Palopo belum masuk, hari senin saya coba cek lagi,” tutur Nurhasni.

Meskipun pihaknya belum menerima surat rekomendasi Bawaslu Palopo, namun pihaknya memastikan akan mengkaji temuan Bawaslu Palopo terkait keterlibatan kedia ASN setelah menerima surat rekomendasi itu.

“Kalo memang betul telah melakukan perpolitikan kami akan lakukan rekomedasi ke Walikota untuk dikenakan sanksi,” tegasnya.

Selain itu Kordinator ASN Wilayah Sulsel ini menyebutkan, bila misalnya kedua oknum ASN tersebut melakukan pelanggaran sebelum penetapan, maka akan di berikan sanksi moral.

Akan tetapi kata dia, bila pelanggaran dilakukan setelah penetapan, pihaknya akan kaji dan berikan sanksi sesuai aturan Pasal 53 tentang disiplin pegawai negeri Sipil Pasal 4 poin 12,13,14. Hal ini terakait keterlibatan mendukung salah satu calon presiden.

“Tapi pihak kami belum tahu sanksi seperti apa kami akan lalukan kajian terlebih dahulu. Pihak kami liat dulu temuan Bawaslu Palopo, senin saya coba cek kembali,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Bawaslu Kota Palopo, Oknum PNS di Kesbangpol sudah dari bulan kemarin dikirim rekomendasinya ke KASN untuk disanksi.

“Kedua PNS tersebut telah kami periksa dan terbukti telah melanggar netralitas ASN dan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu sesuai Perbawaslu nomor 7 tahun 2018,” ucapnya. (john)

Komentar