oleh

Kemah Bakti dan Lomba PMR II Meriahkan HUT PMI ke-73

RADARLUWURAYA.com – PMI Kabupaten Luwu Utara selenggarakan Kemah Bakti dan Lomba PMR II, di Lapangan Sidomukti, Desa Sidomukti, Kecamatan Bone-Bone, Sabtu (17/11).

Dalam kemah bakti dan lomba PMR II itu anggota KSR angkatan IV unit markas PMI Lutra, dirangkaikan dengan pengukukuhan dan penandatanganan Memoradum of Understanding (MoU) sekolah siaga bencana, kerjasama Dinas Pendidikan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara.

Adapun tema dalam kegiatan kemah bakti ini adalah ‘semangat kepahlawanan relawan’, yang diikuti oleh peserta sebanyak 962 orang yang terdiri dari siswa/siswi SD/SMP-MTs/SMA-MA-SMK sederajat se Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT PMI ke-73
Dengan tujuan untuk membentuk dan membangun generasi yang memiliki karakter, terutama pada budi pekerti dan rasa kemanusiaan, meningkatkan pengetahuan pertolongan pertama (PP) pada anak-anak di sekolah maupun ditempat tinggal.

Sekretaris Daerah Kab. Luwu Utara Ir. Abdul Mahfud mengatakan, PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang telah berusia 73 tahun didirikan oleh pemerintah dan telah banyak mengalami perkembangan. Sehingga dengan melihat kiprah PMI yang dahulu, hanya bergerak diwilayah donor darah kini bisa terlibat permasalahan sosial yang lain seperti bencana, pembinaan remaja dan pertolongan pertama.

“PMI telah melakukan upaya pengurangan resiko bencana kepada masyarakat dan berbagai pelayanan lainnya,” sebutnya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan diselenggrakannya kegiatan seperti ini, pemerintah mengapresiasi dalam rangka menciptakan generasi muda yang cerdas, sehat, peduli dan bertanggungjawab terhadap lingkungan sekitarnya, dengan tidak melihat dari segi SARA.

Sehingga kata dia, perkemahan dan lomba PMR ini tidak lah terlalu mementingkan juara. Karna menurutnya, bukan tujuan akhir melainkan tahapan untuk meraih kemenangan yang tertunda dan pengalaman adalah kado berharga hidup kedepan.

“Dengan seringnya ada permasalahan sosial seperti banjir, longsor, kebakaran. Diharapakan dari berbagai elemen tetap bersinergi untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kab. Luwu Utara Ir. Abdul Mahfud, Ketua Kahmi Kab. Luwu Utara Muh. Fauzi, Pimpinan BUMN, Unsur Tripika Kec. Bone-Bone dan Para Kepala Perangkat Daerah Kab. Luwu Utara.

Sekedar diketahui, kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 16-22 november 2018. (herman)

Komentar