oleh

Kembangkan Bakat Anak, DPK Luwu Timur Gelar Berbagai Lomba

RADARLUWURAYA.com- Dalam upaya menumbuhkembangkan bakat dan kreatifitas anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Luwu Timur menggelar berbagai lomba, diantaranya lomba mewarnai gambar tingkat TK, lomba bercerita tingkat SD sederajat dan lomba pidato tingkat SMP sederajat se-Kabupaten Luwu Timur yang dipusatkan di Halaman Kantor DPK Kabupaten Luwu Timur dibuka Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika mewakili Bupati Luwu Timur, Rabu (14/11/2018).

Kepala DPK Kabupaten Luwu Timur, Satri dalam laporannya menyampaikan bahwa, lomba ini diikuti ratusan siswa yang terdiri dari lomba mewarnai tingkat TK diikuti sebanyak 68 peserta, lomba bercerita diikuti sebanyak 22 peserta dan untuk lomba pidato diikuti sebanyak 14 peserta. Ketiga lomba ini direncanakan berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 14 s/d 16 November 2018.

“Khusus lomba bercerita dan lomba pidato, para peserta merupakan utusan sekolah hasil seleksi dari masing masing kecamatan,” tambah Satri.

Ia juga melaporkan bahwa, khusus pemenang lomba pidato, nantinya akan mewakili Kabupaten Luwu Timur dalam ajang yang sama ditingkat Provinsi yang akan digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara dalam sambutan Bupati yang disampaikan Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika mengatakan bahwa, kegiatan lomba untuk anak-anak sangat penting untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas imajinasi anak.

Lebih jauh dijelaskan bahwa, melibatkan anak-anak usia dini dalam pengembangan potensi melalui lomba merupakan kegiatan yang patut mendapatkan apresiasi dan penghargaan, sebab hal ini merupakan bentuk dorongan dan dukungan untuk membiasakan diri dalam mengekpresikan talenta yang mereka miliki.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wahana kita untuk menjaring serta menciptakan siswa-siswi yang berbakat dan berkualitas, sehingga nantinya siap berkompetisi dalam event yang lebih besar dengan skala yang lebih luas,” ujarnya.

Kepada peserta, Ia berpesan bahwa penyelengaraan lomba ini merupakan sarana adu prestasi bakat dan keterampilan.

“Tentu dalam setiap kompetisi pasti ada yang menang dan kalah, namun perlu ditegaskan bahwa menang dan kalah adalah proses yang lumrah, yang harus menjadi perhatian adalah proses kompetisi harus berjalan fair,” pesannya sekaligus menutup sambutannya.

Pada acara pembukaan tersebut selain dihadiri sejumlah kepala SKPD, juga dihadiri perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Komentar