oleh

Kemenag Mulai Terbitkan Kartu Nikah Pada Akhir November 2018

RADARLUWURAYA.com- Setelah resmi diterapkan oleh Kementerian Agama beberapa waktu lalu, kartu nikah akan segera dicetak. Rencananya, kartu ini mulai diterbitkan pada akhir november 2018.

Negara diketahui menyiapkan anggaran senilai Rp. 1 miliyar untuk proses pembuatan kartu nikah ini, dengan estimasi Rp. 680 per kartu.

Untuk permulaan akan dicetak sebanyak satu juta kartu.

Daerah yang menjadi prioritas utama untuk percetakan kartu nikah sementara ini masih di sekitaran Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain.

Pada 2019 mendatang, meski kemungkinan besar masih terfokus di Pulau Jawa dan sekitarnya, Kemenag menargetkan akan mencetak hingga dua juta kartu.

Kartu nikah yang mirip Kartu Tanda Penduduk dan Kartu ATM ini akan lebih mudah diselipan ke dalam dompet. Selain itu, perlu diketahui bahwa kartu nikah ini tidak diterbitkan Kantor Urusan Agama, melainkan berbasis aplikasi web SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah), sehingga untuk mengakses data-data di dalamnya pada setiap kartu tersedia barcode yang bisa discan. (IK)

Komentar