oleh

Kepala Loka POM Palopo Silaturahmi Dengan Bupati Luwu Utara

RADARLUWURAYA – Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) wilayah pengawasan kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurtati Rahman menyambangi rumah jabatan Bupati Luwu Utara di Masamba, guna bersilaturahmi dengan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani Jumat (12/10/18).

Silaturahmi ini sekaligus bentuk perkenalan pasca terbentuknya Loka POM Palopo yang wilayah kerja pelayanan dan pengawasan mencakup Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja, Toraja Utara, dan Enrekang.

“Kami dilantik Agustus dan mulai efektif bekerja per September 2018, dan untuk sementara kami berkantor di Kota Palopo,” ungkap Nurtati

Menurutnya, terbentuknya Loka POM berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM RI Nomor 12 Tahun 2018, yaknid engan dilantiknya 40 Pejabat Loka POM di seluruh wilayah Indonesia, dan salah satunya adalah dirinya yang ditempatkan di 7 wilayah kerja di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Jadi, hari ini kami melapor ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, dalam hal ini kepada ibu Bupati Luwu Utara, bahwa Loka POM sudah hadir di Kabupaten Luwu Utara,” terangnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang seluruh Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

“Tupoksi kami adalah pelayanan publik, pengawasan obat dan makanan. Meski demikian, perlu kami sampaikan bahwa kami juga punya tupoksi lain yakni penindakan. Nah, kami juga akan mengawasi secara rutin mulai Januari sampai Desember,” jelasnya.

Sementara itu, Indah menyambut baik kehadiran Loka POM di Tana Luwu ini. Dia berharap, selain mengawasi obat dan makanan, Loka POM juga dapat bersinergi dengan beberapa lembaga terkait, salah satunya Dinas Ketahanan Pangan.

“Ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, yakni bagaimana bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dalam upaya menjaga keamanan pangan masyarakat kita,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Loka POM merupakan perwakilan BPOM RI di Kabupaten/Kota, yang diharapkan dapat mendekatkan BPOM RI dengan masyarakat.

Loka POM mempunyai tugas melakukan inspeksi dan sertifikasi sarana/fasilitas produksi dan/atau distribusi obat dan makanan dan sarana/fasilitas pelayanan kefarmasian, sertifikasi produk, pengambilan contoh (sampling), dan pengujian obat dan makanan, intelijen, penyidikan, pengelolaan komunikasi, informasi, edukasi, pengaduan masyarakat, dan koordinasi dan kerja sama di bidang pengawasan obat dan makanan, serta pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

Komentar