oleh

Ketahuan Bawa Air Zamzam, Koper Jamaah Haji Indonesia Dibongkar Paksa

RADARLUWURAYA.com – Jamaah haji gelombang pertama dipulangkan ke Tanah Air mulai Senin (27/8) dini hari. Koper dan barang bawaan yang sudah dikemas pun mulai dikirim ke bandara King Abdulaziz, Jeddah, pada Sabtu dan Minggu.

Namun, petugas bandara terpaksa harus membongkar paksa koper milik sebagian jamaah. Pasalnya, mereka ternyata kedapatan membawa barang-barang yang dilarang, terutama air zamzam.

Petugas bandara terus memeriksa koper-koper milik jamaah haji Indonesia. Hasilnya, ditemukan banyak koper berisi air zamzam dalam kemasan botol kecil.

Untuk mengelabui petugas, botol-botol itu dibalut lakban cokelat. Lalu, dimasukkan dalam gulungan kain ihram. Ada juga yang disembunyikan dalam tumpukan sarung.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan Kementerian Agama (kemenag) sebenarnya telah berkali-kali menyosialisasikan larangan membawa pulang barang-barang tertentu ke Tanah Air.

Petugas di hotel juga sudah mengingatkan agar jangan sampai ada air zamzam atau cairan apapun yang volumenya lebih dari 100 ml di dalam koper.

Termasuk di hotel juga sudah dilakukan pengecekan berat koper. Setiap koper tidak boleh melebihi berat 32 Kg.

“Petugas di bandara punya alat pemindai yang bisa dengan mudah mendeteksi cairan. Jadi sekalipun dilakban pasti ketahuan,” ujar pelaksana transportasi Sektor 11 Daker Mekah, Yuhendra di Hotel Keswah Tower.

Hasilnya, para petugas bandara terpaksa membongkar koper-koper milik jamaah haji yang kedapatan membawa air zamzam. Bahkan tak sedikit yang koper yang hasrus disobek karena terkunci.

“Saya dikirimi laporan dan foto-foto oleh petugas Saudi Airlines mengenai banyaknya air zamzam yang dikeluarkan dari koper jamaah kita,” ujar Yuhendra yang berada di Hotel Keswah Tower untuk memantau penimbangan koper itu. (jpnn/tiara)

Komentar