oleh

Ketua PKK Luwu Timur Sambut Tim SMEP Sulsel

RADARLUWURAYA.com, LUTIM – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan di Kabupaten Luwu Timur. Kegiatan ini dalam rangka melakukan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) 10 program pokok PKK dan melihat langsung pelaksanaannya maupun berbagai program lainnya yang telah ditetapkan di setiap kelompok kerja yang ada di setiap Kabupaten.
Rombongan Tim SMEP Sulsel ini di Pimpin Wakil Ketua II TP PKK Prov. Sulsel, Dra. Hj. Haerani S. Alam, didampingi Sekretarisnya, Dr. Ir. Andi Tenriola Rivai, M.Si, dan Anggota Pokja IV, Hj. Hawaidah B. Kadir. M.Pd. Rombongan disambut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Puspawati Husler, di Aula Rujab Bupati Luwu Timur, Kamis (18/07/2019).
Wakil Ketua II TP PKK Prov. Sulsel, Dra. Hj. Haerani S. Alam mengungkapkan bahwa tim PkK Provinsi siap berkomunikasi langsung dan melihat permasalahan di daerah. Kunjungan ini sekaligus menjadi media silarurahmi dan hal ini tentunya akan memperkuat pelaksanaan program TP PKK, sebagai mitra dalam membangun permberdayaan masyarakat hingga ke tingkat bawah.
“Adapun Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi terkait 10 program PKK tingkat Sulawesi Selatan dan membina pelaksanaan program-program kerja TP PKK, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat, sekaligus mendapatkan informasi bagaimana pelaksanaan 10 program PKK tingkat Sulawesi Selatan untuk selanjutnya menghimpun dan menggerakkan potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program PKK,” ungkap Haerani.
Lanjut Haerani, guna menghadapi tahun 2020, diharapkan semua Kabupaten/Kota mampu berbenah dan bergerak bersama untuk bisa berkompetisi di tingkat nasional. Adapun kategori lomba terkait 10 Program Pokok PKK, meliputi:
POKJA I : 1. Penghayatan dan Pengamalam Pancasila, 2. Gotong Royong.
POKJA II : 3. Pendidikan dan Keterampilan, 4. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.
POKJA III : 5. Pangan, 6. Sandang, 7. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.
POKJA IV : 8. Kesehatan, 9. Kelestarian Lingkungan Hidup, dan 10. Perencanaan Sehat.
Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Puspawati Husler dalam sambutannya melaporkan bahwa, selama kepemimpinan kami bersama dengan ibu Wakil Ketua TP PKK, kami telah menyusun program prioritas/unggulan untuk sekretaris yaitu “Optimalisasi Kelompok Dasa Wisma menjadi Program Prioritas PKK Kabupaten Luwu Timur selama 5 tahun (2017-2021)”.
Selain itu, lanjut Puspawati, juga ada program unggulan dari Pokja 1 yaitu Pembinaan Spiritual (Kajian Al-Qur’an), Pokja 2 yaitu UP2K dan Paud, Pokja 3 adalah pemanfaatan pekarangan/hatinya PKK dan Pokja 4 adalah Posyandu Terintegrasi, yang telah disepakatai bersama dengan PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa melalui Rapat Kerja Daerah PKK Tahun 2016 yang dituangkan dalam Buku Saku Kader PKK Kabupaten Luwu Timur Tahun 2016.
“Saya menyadari bahwa untuk mencapai tujuan dan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan 10 Program PKK, membutuhkan dukungan dari Pemerintah dan semua pihak yang terkait untuk menyatukan langkah agar tercipta sinergitas yang optimal,” pungkas Puspawati menutup sambutannya.
Selama berada di Kabupaten Luwu Timur, Tim SMEP melakukan kunjungan ke Pokja 1 (TPA Nurul Taqwa Majlis Ta’lim Khaerunnisa) yang berada di Dusun Pabeta Desa Manurung Kec. Malili. Pokja 2 (UP2K Lada dan Pangkilang Towuti). Serta mengunjungi Pokja 3 (Kelompok Herbal) di Desa Nikkel Kecamatan Nuha. (ikp/kominfo)

Komentar