oleh

KKN Tematik Mahasiswa Unhas Di Lutim Bidik Sektor Pertanian

RADARLUWURAYA.com – Tak kurang dar 100 mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bakal melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pekan kedua bulan Juli 2019.

Kegiatan KKN Tematik ini merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dengan Unhas.

Sebelum KKN tematik dilakukan, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler diundang membawakan materi yang berjudul “Pengembangan Kawasan Perdesaan Luwu Timur Terkemuka” pada kegiatan pembekalan khusus bagi Peserta KKN Tematik Unhas bertempat di Aula Fakultas Kehutanan Unhas, Jumat (28/06/2019).

Dalam pembekalan peserta KKN Tematik, turut dihadiri, Dr. Ir. Syarifuddin M. Parenreng, ST., MT., CSRS. (Koordinator KKN Lutim 2019), Laode Muh. Ichman, ST. (Senior Koordinator PPM PT. Vale Indonesia), Dr. Iqbal, STP., M. Si (Supervisor KKN Lutim), Camat Towuti, Alimuddin Nasir.

Pada acara ini, Bupati Luwu Timur yang diwakili oleh, Plt. Asisten II, Budiman Hakim membawakan materi “Potensi dan Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti” dan terkait program Pemerintah daerah sebagai arah dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Luwu Timur.

Budiman Hakim menyebut, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu Timur atas dukungan Unhas memilih Luwu Timur khususnya Kecamatan Towuti sebagai tempat berlangsungnya KKN Tematik.

Sudah saatnya peserta KKN, kata Budiman, membantu pengembangan potensi yang dimiliki oleh desa, termasuk dalam penyiapan teknologi informasi desa. “Kini Pemerintah Desa dituntut untuk banyak melakukan inovasi untuk kemajuan desanya,” ungkapnya.

“Di sinilah peran para mahasiswa untuk membantu dan menfasilitasi desa dalam memberikan solusi pengembangan desa,” bebernya.

Melalui pembekalan ini, lanjut Budiman, mahasiswa diharapkan dapat bekerjasama dalam menyusun program kerja dengan mempelajari terlebih dahulu latar belakang masing-masing daerah lokasi KKN dan menyesuaikan dengan indikator yang akan dicapai dalam KKN Tematik di Kabupaten Luwu Timur.

Gambaran Potensi dan rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti di Kabupaten Luwu Timur sangat diperlukan oleh mahasiswa yang akan mengikuti KKN Tematik.

Mahasiswa akan berada di Kabupaten Luwu Timur selama 40 hari. Gambaran kondisi pertanian, perkebunan, peternakan dan perdagangan ini akan memberikan informasi awal dalam mengidentifikasi permasalahan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti, sehingga mahasiswa nantinya bisa melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan program kerja Pemkab Luwu Timur.

KKN Unhas Tahun 2019 di Kabupaten Luwu Timur Rencananya akan di terima pada tanggal 10 Juli 2019 yang dipusatkan di Kecamatan Towuti, kali ini dilaksanakan KKN Tematik Kerjasama Pemerintah Luwu Timur diikuti oleh 100 mahasiswa berfokus pada program-program kegiatan, yakni Pertanian, Perkebunan, Perdagangan dan Peternakan. (Hms)

Komentar