oleh

Komoditi Andalan, Ini Jumlah Produksi Lada di Luwu Timur…

RADARLUWURAYA.com– Salah satu komoditi unggulan Luwu Timur adalah lada. Bumi Batara Guru-julukan Luwu Timur terus mengembangkan produksi lada setiap tahunnya.

Berdasarkan data tahun 2017 Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, dari 11 Kecamatan total lahan tanaman lada (merica) seluas 5,871.30 Hektare (Ha) dengan produksi lada 4,323.92 ton pertahunnya.

“Kecamatan Towuti yang paling luas dengan 3,967.66 Hektare dengan produksi 3,222.80 ton pertahunnya. Jadi, total produksi lada yang ada di Luwu Timur dari 11 Kecamatan sebanyak 4,323.92 ton pertahunnya,” kata Kepala Seksi Produksi Perkebunan Dinas Pertanian Luwu Timur, Wiwi Asri Wahyuni, Jumat (24/8/2018).

Sebagai salah satu sektor unggulan pemerintah, Kabupaten Luwu Timur terus melakukan berbagai cara mengembangkan komoditas lada, agar kedepam daerah ini dikenal sebagai salah satu penghasil lada terebesar di Indonesia.

Upaya yang dilakukan Pemkab Luwu Timur untuk mewujudkan harapan tersebut, adalah dengan membangun kebun induk lada, perluasan tanaman lada (Swakelola), perluasan tanaman lada (Kontraktual) dan rehabilitasi tanaman lada
.

”Untuk Tahun 2018 Pemkab akan membangun kebun induk lada di Pekaloa, perluasan tanaman lada di 7 Kecamatan dan rehabilitasi tanaman lada di 2 Kecamatan. Semuanya kita laksanakan pada Tahun Anggaran 2018, dengan sumber dana APBN Satker dan APBD 1 Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan,” jelas Wiwi. (asril/yudi)

Komentar