oleh

Korupsi Dana Desa, Kejari Luwu Tahan Mantan Kades To’bia

RADARLUWURAYA.com – Diduga selewengkan Dana Desa, HM (55) mantan Kepala Desa To’bia, Kecamatan Porang Selatan, Kabupaten Luwu ditahan di Lapas Kelas IA Makassar, Kamis (28/2) kemarin.

“Saat ini tersangka adalah PNS di kantor Kecamatan Ponrang. Ia dijadikan tersangka terkait kasus dana desa tahun 2016-2017 dengan total kerugian negara Rp267 juta,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Gede Edy Bujanayasa.

Gede Edy Bujanayasa mengatakan modus yang dilakukan tersangka, pertama tersangka memalsukan pertanggungjawaban. Kedua, dana yang disalurkan tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Dana yang disalurkan tidak sesuai dengan peruntukannya, anggaran yang seharusnya disalurkan Rp200 juta, tapi yang disalurkan hanya Rp100 juta,” terangnya.

Tersangka diduga menggunakan dana tersebut saat akan kembali maju sebagai kepala desa.

“Tersangka diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 Dengan ancaman hukuman 20 tahun, dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun,” ucapnya. (*)

Komentar