oleh

KPU Lutra Klaim PKPU 13 2020 Mampu Atasi Covid-19

MASAMBA, RADARLUWURAYA.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara menilai Peraturan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 sudah cukup tegas dalam mengatur protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 selama tahapan Pilkada.

“Kesuksesan Pilkada tidak hanya disukseskan oleh KPU, Bawaslu dan pengamanan, akan tetapi kontribusi dari semua pihak. Kami juga berharap seluruh LO untuk mensosialisasikan hal ini ke Paslon,” kata Komisioner KPU divisii Parmas dan SDM Rahmat dalam sosialisasi PKPU Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan/atau Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota serentak Lanjutkan dalam kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease (Covid-19), Senin (5/10/2020) di aula lantai III Soft Coffe.

Hal itu dapat terwujud jika seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada mematuhi aturan ini.

Ia yakin Pilkada tak akan menciptakan kerumunan massa atau menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Meski demikian, dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2020 Paslon tetap diberikan kesempatan untuk tetap melakukan kampanye.

Akan tetapi harus mengikuti aturan yakni dalam suatu pertemuan Paslon melibatkan tak lebih dari 50 orang.

Termasuk kampanye melalui media sosial atau secara daring.

Selain itu, dalam sosialisasi PKPU Nomor 13 ini membahas tahapan kampanye. KPU juga memfasilitasi Alat Alat Peraga (APK) berupa Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul dan Bahan Kampanye (BK) berupa poster dan selebaran.

“Jadi APK dan BK dipasang ditempat- tempat yang sudah difasilitasi agar semua calon mendapatkan perlakuan yang sama dan semangatnya adalah keadilan,” imbuhnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Ketua KPU Luwu Utara dan jajaran KPU lainnya, anggota Bawaslu Luwu Utara Ibrahim Umar, Kapolres Luwu Utara yang diwakili Kasat Intelkam Iptu Muhajir, Dandim diwakili oleh Perwira Penghubung, Badan Kesbangpol Pemda Lutra, Satpol PP, Juru Bicara Tim Gerak Cepat Penanganan Covid-19 Lutra, Komang Krisna serta LO masing-masing Paslon. (ale/rlr)

Komentar