oleh

KPU Lutra Rapat Koordinasi LPSDK-DTC Caleg DPRD 2019

RADARLUWURAYA.com – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Luwu Utara (Lutra) Gelar Rapat Koordinasi Penyampaian Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Pencermatan Validasi Daftar Calon Tatap (DTC) Calon Anggota DPRD Luwu Utara Tahun 2019, di Aula Hotel Elegant Masamba Sabtu (01/12/2019)

Hadir dalam kegiatan ini Pelaksana Hari Ketua KPU Lutra Suprianto Komisioner KPU Lutra Devisi Parmas Rahmat, Devisi Data dan Informasi Supriadi, Sekretaris KPU Lutra Andi Kasmawati, Komisioner Bawaslu Ibrahim Umar.

Komisioner KPU Lutra Devisi Data dan Informasi Supriadi menjelaskan, laporan dana kampanye adalah bentuk akuntabilitas partai politik kepada publik sebagai bentuk keterbukaan kepada masyarakat tentang dana kampanye yang digunakan oleh partai politik.

Lanjut Supriadi, laporan dana kampanye ada tiga bagian yakni (LADK) Laporan Dana Kampanye, (LPSDK) Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye, (LPPDK) Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye.

Dikatakannya pula, KPU hanya sebagai fasilitator, selanjutnya ada tim yang dibentuk oleh KPU RI yang akan menilai tentang Dana Kampanye bahwa sejauh mana keabsahan Laporan Dana Kampanye partai tersebut.

Untuk itu kata dia, KPU mengharapakan kepada partai politik dan peserta pemilu agar mencatat semua pengeluaran dan pemasukan dana Kampanye yang diterima untuk yang dikeluarkan sebagai bukti transparansi kepada publik.

Dalam kesempatan yang sama Komisioner KPU Lutra Devisi Parmas, Rahmat juga penyampaikan, dalam pelaksanaan Kampanye semua Partai Politik agar menyampaikan Alat Peraga Kampanye (APK) mandiri yang dicetak oleh masing-masing caleg partai politik untuk disampaikan desainnya kepada KPU untuk diserahakan kepada Bawaslu agar dalam penertiban APK dapat dilaksanakan.

Rahmat juga menghimbau kepada peserta pemilu agar APK yang fasilitasi oleh KPU sudah diterima agar dipasang ditempat yang sudah disepakati bersama.

“Alhamdulillah kami sudah menyerahkan APK berupa baliho dan Spanduk kepada peserta pemilu dan saat kami juga sudah menghubungi Calon Perseorangan (DPD) dengan jumlah 22 calon” Kata Rahmat yang juga mantan Ketua Panwas Lutra ini.

Rahmat juga berharap kepada peserta pemilu agar membangun koordinasi yang baik dan menjalankan semua tahapan berdasarkan regulasi yang sudah ada sehingga pemilu berjalan sesuai dengan apa yang kita harapakan bersama. (Herman)

Komentar