oleh

KPU Palopo; Nasdem Tertinggi Sumbangan Dana Kampanye, Enam Parpol Nihil

RADARLUWURAYA.com – KPU Kota Palopo resmi merilis nilai Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) peserta Pemilu 2019, Kamis (3/1).

Dari 15 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Legislatig (Pileg) dan dua tim pemenangan Capres-Cawapres Peserta Pemilu 2019 di Palopo. Berdasarkan urutan sumbangan dana kampanye, Partai Nasdem tercatat miliki sumbangan dana kampanye terbesar yakni Rp 285 juta.

Sementara Partai Demokrat Rp 254 juta, Perindo Rp 160 juta, PSI Rp 82 juta, Gerindra Rp 48 juta, PDIP Rp 45 juta, PKS 40 juta, Golkar Rp 16 juta dan PPP Rp 12 juta.

BACA JUGA; Tim Pemenangan Palopo Sebut Dana Sumbangan Kampanye Capres-Cawapres Nihil

Selain itu, KPU juga menginformasikan bahwa, ada enam parpol dan dua pasangan capres tercatat nihil sumbangan dana kampanye di Kota Palopo, yakni PKB, PBB, PKPI, Hanura, Berkarya dan PAN.

Sementara Caleg dengan dana sumbangan kampanye untuk dirinya sendiri tertinggi tercatat dari Perindo, yakni H Nasrun S dan Drs Zakariah, masing-masing menyumbang Rp50 juta.

BACA JUGA ; Selamat!!! Nureny Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Palopo

BACA JUGA; KPU Palopo Sebut 15 Parpol Tepat Waktu Serahkan LPSDK

Komisioner KPU Palopo Divisi Hukum dan Pengawasan, Iswandi Ismail, saat ditemui diruangkerjanya menyebutkan, dana sumbangan kampanye itu didominasi sumbangan pribadi caleg. Bahkan ada satu parpol yang ada sumbangan dari luar caleg, yakni PPP.

“Penyumbang terbagi tiga kategori, yaitu penyumbang perorangan, kelompok dan badan usaha non pemerintah. Untuk PPP, dengan total sumbangan dana kampanye Rp12,2 juta, terdapat Rp5 juta sumbangan dari perorangan. Selebihnya dari dana pribadi caleg,” jelasnya.

Pihanyanya juga mengapresiasi kepada semua Parpol yang telah bekerjasama dengan baik untuk menyerahkan LPSDK.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua Parpol yang telah bekerjasama selanjut laporan ini akan kami serahkan ke KPU RI,” tandas Mantan wartawan ini.

Sekadar diketahui, laporan Sumbangan Dana Kampanye ini ditutup sejak Rabu (2/1/2019) kemarin pada pukul 18.00 WITA. Semua partai tepat waktu dalam menyerahkan laporan itu. Kecuali Garuda yang tidak memiliki Caleg di Kota Palopo. (Ale)

Komentar