oleh

Legislator PAN Lutim Harap Perhatikan Industri Pertanian

MALILI, RADARLUWURAYA.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Luwu Timur, sejumlah nama bakal Calon (Balon) Bupati-Wakil Bupati Luwu Timur telah mencut kepermukaaan.

Adapun nama-nama yang santer menjadi perbincangan publik antara lain Petahan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler berpasangan dengan Budiman, Irwan Bachri Syam berpasangan dengan Andi Rio Patiwiri bakal mengisi kontalasi politik yang sedianya digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Terkait hal itu, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Luwu Timur Andi Surono mengusulkan, setiap kandidat nantinya harus memikirkan persoalan industri pengolahan untuk petani.

“Kita ini belum punya Industri Pengolahan khusus sektor pertanian, baiknya ini dipikirkan kedepan” tutur Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini kepada Wartawan, Senin (21/6) lalu.

Menurutnya, Industri Pertanian sangat berperan penting dan bahkan sebagai salah satu penopang laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Luwu Timur.

“Kalau kita liat data BPS, PDRB Pertanian kita urutan ke 2 terbesar dibawah komoditi pertambangan dan penggalian. Jika ini disentuh dengan kebijakan terintegrasi, ini sangat membantu petani,” imbuhnya.

Bahkan diusulkannya hal itu bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga mampu membangun kebijakan bersama hingga sampai ke tataran BUMDES sebagai penyagga bahan baku dengan mengonsolidasikan hasil produksi petani.

“Memang ini tidak mudah, tapi ini bisa kita eksplore dan memikirkan kinerjanya dengan baik jika kita serius,” jelas legislator Dapil III Kecamatan Mangkutana, Kecamatan Tomoni, Kecamatan Kalaena dan Kecamatan Tomoni Timur ini.

Untuk itu dirinya optimis seluruh kandidat balon Bupati-Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2024 memikirkan dan memasukan usulannya itu kedalam visi-misinya dalam memajukan Kabupaten Luwu Timur kedepan.

“Saya berharap semua calon kepala daerah memikirkan ini sebagai salah satu langkah strategis untuk menopang pertumbuhan ekonomi Luwu Timur,” demikian Andi Surono. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *