oleh

Lewat IG Gubernur SulSel Posting Akses Seko Rampung Akhir 2019

RADARLUWURAYA.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan targetkan akses jalan Seko rampung penghujung tahun 2019. Hal itu dikemukakan Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Sulsel, Prof. Rudi Djamaluddin saat meninjau langsung Ruas Sabbang-Rongkong-Seko bersama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Sabtu (17/11) kemarin.

Perampungan ruas Seko akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan 3 alokasi anggaran. Untuk tahun 2019, Pemerintah memprioritaskan pembukaan jalan agar jalur menuju Kecamatan Seko dapat ditempuh dengan mudah di segala kondisi cuaca, baik menggunakan roda dua maupun roda empat.

“Tahapan akan dimulai awal tahun 2019. Progres awal dilakukan dengan metode gravel road atau pengkrikilan. Diharapkan di akhir tahun, ruas Seko sudah dapat diakses dengan mudah tanpa adanya kendala cuaca. Total anggaran yang dibutuhkan untuk tahun 2019 sekitar Rp. 80 Miliyar yang dialokasikan dari sharing 3 anggaran,” papar Prof. Rudi.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan kendala utama yang terlihat saat peninjauan adalah beratnya medan di sepanjang ruas jalan Rongkong dan Seko. Hanya saja dirinya berharap agar sinergitas antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemerintah Provinsi terus digalakkan untuk mewujudkan janji Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel yaitu membuka keterisolasian di wilayah Sulawesi Selatan khususnya Seko, Rampi dan Rongkong.

Sementara Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah melalui laman Instagramnya @nurdin.abdullah memposting foto terkait aktvitas tim TP2D dan Bupati Indah Putri, Minggu (18/11). Foto dan video tersebut memperlihatkan jalan yang sulit diakses dan berlumpur.

Postingan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah melalui Instagram, Minggu (18/11).

“Kali ini giliran Seko di Luwu Utara yang dikunjungi oleh team bersama ibu bupati @indahputri_idp. Seko yang dikenal dengan ojek termahal karena dengan jarak 124 km ditempuh selama 3 hari. Foto-foto ini adalah ruas provinsi Sabbang Tallang-Lambiri -Seko Rampi yang masuk dalam prioritas utama dalam pembangunan infrastruktur
jalan bersama dengan beberapa ruas jalan lain di Sulsel. Kondisi Jalan Ini berada Di KM 519, kampung Mabusa,” tulis Nurdin.(hms/ale)

Komentar