oleh

Lima Kecamatan Di Kabupaten Luwu Terendam Banjir

RADARLUWURAYA.com – Sebanyak 5 Kecamatan di Kabupaten Luwu dilaporkan terendam banjir, antara lain Kecamatan Ponrang, Kecamatan Suli, Kecamatan Larompong, Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Larompong Selatan.

Banjir di Kabupaten Luwu ini, terus meluas bahkan sudah merendam jalan Trans Sulawesi, poros Belopa-Makassar.

Banjir yang merendam pemukiman warga ini mencapai ketinggian air hingga 1 meter.

Saat ini warga yang rumahnya terendam masih terus berusaha menyelamatkan barang-barangnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Luwu, Tagana dan Kepolisian dari Polsek Suli turut serta membantu warga mengevakuasi barang-barang milik warga yang terendam.

Kepala seksi Kedaruratan BPBD Luwu, Masri mengatakan, ketinggian air mencapai satu meter bahkan lebih.

“Mengingat cuaca masih ekstrim kami mengimbau warga, khususnya yang berada di bantaran sungai, agar mewaspadai banjir susulan, mengingat curah hujan masih cukup tinggi,” kata Masri saat dikonfirmasi di lokasi banjir, Sabtu (8/6).

Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan soal adanya korban jiwa maupun kerusakan rumah dan infrastruktur. Namun dipastikan, banjir tersebut menyebabkan kerugian materil.

“Kalau kerugian materil kami belum data, tapi melihat kondisi banjir ini banyak peralatan elektronik warga yang rusak, termasuk kebun dan tambak,” jelasnya.

Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Luwu ini setelah diguyur hujan selama 2 hari yang menyebabkan meluapnya sungai Cimpu, Sungai Suli, Sungai Keppe dan Sungai Noling.

Dari data yang berhasil dihimpun sementara, titik lokasi banjir antara lain di Desa lindajang, Desa Buntu Barana, Kec. Suli Barat. Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong. Kelurahan Suli, Desa Botta, Desa Lempopacci, Desa Buntu Kunyi, Kecamatan Suli sejak Jumat (7/6).

Kemudian Desa Malela, Desa Cakkeawao, Desa Pasamai, Desa Kurusumanga, Desa Padang Lambe, Kecamatan Suli. Kelurahan Padang Subur, Desa Olang, Kecamatan Bupon dan Desa Tanjong, Kecamatan Bupon sejak Sabtu (8/6). (*/Ale)

Komentar