oleh

Longsor Battang Barat tak Ada Korban Jiwa, BPBD Imbau Waspada!

-PERISTIWA-101 views

PALOPO, RADARLUWURAYA.com – Badan Penanggunalang Bencana Daerah (BPBD) bergerak cepat melakukan evakuasi korban bencana Longsor yang terjadi di Jalan Trans Sulawesi Selatan Poros Palopo-Toraja, Jumat (26/6) sore tadi tepatnya di Km 24 Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo.

Kepala BPBD Kota Palopo Anthonius Dengen menyebutkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sebab, jauh-jauh hari warga setempat yang rumahnya diprediksi terkena longsor sudah mengungsikan diri dirumah keluarga/kerabatnya sebelum peristiwa ini terjadi.

“Tak ada korban jiwa, namun empat rumah warga ikut terseret longsor. Jadi Total rumah yang rusak sejak bencana longsor ini terjadi hingga saat ini ada sembilan,” jelas Anthonius Dengen kepada Radar Luwu Raya.

Meski tak ada korban jiwa, Kepala BPBD Kota Palopo ini mengimbau kepada warga setempat untuk tetap waspada. Sebab kata dia, longsor susulan kemungkinan masih akan terjadi.

BACA JUGA:

Longsor, Poros Palopo-Toraja Terputus

“Kami mengimbau kepada warga untuk selalu waspada, kemungkinan masih akan terjadi longsor. Untuk itu sebaiknya warga yang berdekatan di wilayah bencana longsor untuk mengungsi,” imbau Anthonius.

Lebih jauh Anhonius menyebutkan, peristiwa ini terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini. Selain itu, diperkirakan akibat adanya alih fungsi lahan diwilayah stempat.

“Faktor utamanya karena curah hujan yang cukup tinggi dan terjadinya alih fungsi lahan,” pungkas Anthonius.

Saat ini BPBD Kota Palopo melalui tim reaksi cepat (TRC) masih terus fokus mengevakuasi dan memberi bantuan kepada korban bencana longsor di Kelurahan Battang Barat.

Untuk diketahui, akibat peristiwa ini akses jalan Trans Sulawesi Poros Palopo-Toraja lumpuh total. (ale/rlr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *