oleh

Lurah Ini Dukung Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Kelurahan

RADARLUWURAYA – Rencana Pemerintah Pusat memberikan Dana Kelurahan mulai tahun depan kepada seluruh Kelurahan yang ada di Indonesia, direspon positif Kepala Kelurahan yang ada di Kota Palopo.

Salah satunya diungkapkan oleh Lurah Batupasi, Imam Darmawan. Kepada radarluwuraaya Kamis, (25/10/18), Imam menyebutkan, jika dana kelurahan yang akan dikucurkan pemerintah pusat akan sangat membantu, untuk memajukan Kelurahan dari segala aspek pembangunan. Khususnya pembangunan infrastruktur, sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi diberbagai kesempatan.

BACA JUGA : Dana Kelurahan Jangan Dikaitkan dengan Pilpres

Menurut Imam, sebelum dana kelurahan itu dikucurkan, ada baiknya jika pemerintah pusat juga memikirkan upaya untuk meningkatkan kapasitas para ASN di Kelurahan, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan. Hal ini dianggap penting untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan Dana Kelurahan.

”Saya rasa dana kelurahan sangat perlu. Dana kelurahan dikucurkan harus berbarengan dengan peningkatan kapasitas Apararur Sipil Negara (ASN) di Kelurahan, khususnya dalam hal pengelolaan anggran yang diberikan pemerintah pusat,” kata Lurah termuda di Kota Palopo ini.

BACA JUGA : Palopo Harus Punya Gedung Pertemuan Berskala Internasional

Lanjut dikatakannya, penggunanan Dana Kelurahan harus jelas dan menyesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan skala prioritas, baik itu menyangkut kebutuhan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Menurutnya, kebutuhan anggaran untuk pembangunan di di Kelurahan semakin hari semakin besar. Apalagi pemerintah senantiasa dituntut untuk untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakatnya.

”Saya kira setiap hari kebutuhan untuk membangun di masyarakat itu makin besar. Dan kami sebagai pemerintah juga dituntut memberikan pelayanan yang maksimal, karena memang kami pelayan masyarakat. Hal ini membuat kami selalu ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam melaksanakan tugas pemerintahan,” kata Imam.

BACA JUGA : Perhatian! Dua Hal Ini Wajib Dibawa Saat Tes SKD CPNS 2018

Ia menambahkan, jika Kelurahan hanya berharap pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palopo saja, maka proses pembangunan tidak bisa berjalan cepat dan maksimal. Sebab APBD tidak hanya diperuntukkan kepada Kelurahan semata, tetapi ada banyak perangkat daerah lain yang harus dibiayai oleh APBD.

”Berkaca pada penganggaran APBD, yang tentunya bukan cuman kelurahan yang membutuhkan tetapi banyak SKPD yang juga membutuhan untuk menuntaskan program yang tertuang di rencana kerja dan rencana strategis masing-masing. Sehingga apa bila pemerintah pusat memberikan tambahan dana kepada kelurahan saya fikir sangat dapat membantu dalam percepatan pembangunan,” tandasnya.

BACA JUGA : Wabup Luwu Timur Buka Bimtek Penyusunan Dokumen HPS

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemberian dana kelurahan merupakan komitmen pemerintah untuk dinikmati oleh masyarakat. Selama ini pemerintah menurut Jokowi hanya memberikan Dana Desa di kabupaten-kabupaten. Olehnya itu, Dana Kelurahan akan diberikan untuk kota karena ada kurang lebih hampir 100 kota yang ada di Indonesia.

”Oleh sebab itu, bukan hanya di desa saja yang perlu Dana Desa, tapi kelurahan juga diperlukan untuk memperbaiki selokan, untuk memperbaiki jalan di kampung-kampung,” tegas Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan 5.000 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat, di Lapangan Bola Ahmad Yani, Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan. (john)

Komentar