oleh

Lutim Dinobatkan Daerah Peduli HAM, Irwan Sebut Sejalan Dengan Kebijakan Pemkab

RADARLUWURAYA.com – Kabupaten Luwu Timur di bawah Kepemimpinan HM. Thorig Husler dan Irwan Bachri Syam, kembali menunjukkan diri sebagai daerah terkemuka pada tingkat nasional. Kali ini, daerah yang berjuluk Bumi Batara Guru ini berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu daerah yang berhasil meraih penghargaan dari 409 Kabupaten/Kota yang berpartisipasi dan menyampaikan data pencapaian pemenuhan HAM.

Pemerintah Daerah Luwu Timur dinobatkan penghargaan setelah Kemenkumham melihat terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, pekerjaan serta rumah layak huni di Kabupaten Luwu Timur. Tim juri dari Kemenkumham mendatangi setiap Kota/Kabupaten untuk melakukan penilaian.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachry Syam yang diserahkan oleh Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly, pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-70 Tahun 2018 dengan Tema “Sinergi kerja Peduli Hak Asasi Manusia” yang digelar di kantor Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).

“Keberhasilan ini berkat kerja nyata dan kerjasama semua jajaran Pemerintah Daerah Luwu Timur beserta seluruh stakeholder terkait,” jelas Irwan usai menerima penghargaan.

Disebutkannya, penghargaan ini sangat sejalan dengan konsentrasi kebijakan Pemkab Luwu Timur yang berfokus pada pelayanan dasar, yakni peningkatan indeks pembangunan manusia atau peningkatan sumber daya manusia, yang mana indeks ini merupakan kumulatif dari indikator pelayanan kesehatan, pendidikan, dan daya saing masyarakat.

“Upaya Pemerintah Daerah Luwu Timur dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, tentu saja dalam rangka pemenuhan Hak Asasi Manusia untuk masyarakat Kabupaten Luwu Timur,” ungkapnya.

Menurut Irwan, penghargaan dari Kemenkumham ini tentu menjadi kebanggaan sekaligus motivasi bagi jajaran Pemerintah Daerah Luwu Timur untuk terus fokus dan konsisten bekerja dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat diseluruh wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Sementara Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh daerah, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten atas penghargaan yang diterima sebagai daerah Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

“Penghargaan kepada daerah Peduli HAM ini bertujuan untuk memotivasi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia,” kata orang nomor dua di Republik Indonesia ini. (*)

Komentar