oleh

Maksimalkan Partisipasi Pemilih, Panwascam Mappedeceng Bidik Tuna Netra dan Lansia

RADARLUWURAYA– Upaya maksimalkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, Panwaslu Kecamatan Mappedeceng mendatangi secara langsung sekaligus memantau perekanaman KTP Elektronik (E-KTP) khususnya bagi pemilih yang mengalami kendala fisik, Selasa (13/11/2018).

Hal ini dilakukan Panwaslu Kecamatan Mappedeceng berdasarkan adanya temuan dalam pengawasan faktual data pemilih kategori usia lanjut maupun tuna netra yang tidak memiliki KTP dan tidak mampu mengurusnya langsung ke Disdukcapil Kabupaten Luwu Utara.

Sehingga dengan cepat tanggap, Panwaslu Kecamatan Mappedeceng melaporkan persoalan ini ke Disdukcapil Lutra. Tanpa berfikikir panjang, Disdukcapil Lutra turun langsung bersama anggota beserta peralatan perekaman E-KTP.

Ketua Panwaslu Kecamatan Mappedeceng, Hendra, S.Si disaksikan langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Utara, Mas’ud Masse, Camat Mappedeceng, PPK dan Rombongan KPU Luwu Utara melakukan pengawasan perekaman KTP Elektronik.

“Perekaman tersebut langsung ke rumahnya masyarakat khususnya pemilih yang mengalami kendala fisik,” tutur Hendra kepada Radarluwuraya.com.

Perekaman E-KTP kali ini sementara dilakukan di dua Desa yang ada di Kecamatan Mappedeceng yakni Desa Kapidi atas Nama H. Tombong, calon pemilih ini direkam langsung di rumahnya sebab kondisi mata sudah tidak melihat alias pemilih tuna netra. Selanjutnya perekaman E-KTP dilakukan di Desa Mekar Jaya atas nama Made Swasti.

“Selanjutnya karena ada beberapa Masyarakat Desa Mekar Jaya yang belum memiliki KTP Elektronik maka langsung direkam secara bersamaan di kantor Desa,” jelas salah satu badan pendiri Hikmah Lutra ini.

Selaku ketua Panwaslu Kecamatan Mappedeceng, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Disdukcapil Luwu Utara yang mengunjungi langsung masyarakat.

“Ini akan sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan KTP Elektronik serta memudahkan penyelenggara dalam melakukan Pendataan pemilih ber KTP EL untuk pemilu 2019,” imbuh Hendra.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Radarluwuraya.com, besok (Rabu 14 November 2018) akan di lakukan perekaman E-KTP di Lembaga Pemasyarakatan Rumah Tahanan (Lapas Rutan) Mappedeceng.

“Masyarakat yang belum merekam bisa Datang ke Lapas untuk melakukan perekaman dengan membawa syarat syarat misalkan Kartu Keluarga,” jelasnya.

Lebih jauh diakuinya jika kebijakan Disdukcapil Luwu Utara dalam mendatangi masayarakat perlu di apresiasi. Sebab menurut dia, hal ini sangat membantu dalam memaksimalkan pemilih dalam Pemilu dan Pilpres 2019 mendatang.

“Kebijakan kebijakan seperti ini perlu diapresiasi dan ditingkatkan terus agar validasi kependudukan semakin baik ke depan,” tadas Hendra.

Sekedar diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap 2 (DPTHP-2) Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara menetapkan Kecamatan Mappedeceng memiliki pemilih sebanyak 16.221 jiwa yang terdiri dari 15 Desa se Kecamatan Mappedeceng. (ale)

Komentar