oleh

Masapi atau Sidat ‘Ikan Ular’ di Luwu Harganya Mencapai Ratusan Ribu

RADARLUWURAYA.com – Ikan sidat, ikan yang berbentuk seperti ular itu ternyata memiliki nilai jual yang tinggi. Contonya, di pasar sentral Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan ‘ikan ular’ atau yang biasa disebut Masapi  bisa mencapai harga Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

Salah satu pedagang ikan sidat, Beddu mengatakan, ikan sidat mulai langka dan daging ikan sidat sangat lezat. Tidak heran jika harganya cukup mahal.

“Harganya bisa mencapai Rp300 ribu untuk 4 kilogram. Ikan ini sangat langka,” kata Beddu kepada radarluwuraya.com, Rabu (3/4).

Diketahui, ikan sidat di Kabupaten Luwu hanya ada di muara sungai Cimpu dan sungai Suli. Bagi sebagian orang di Luwu, mengkonsumsi ikan  Masapi, dipercaya mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

“Ada yang mempercayai, mengkonsumsi ikan ini ada khasiatnya untuk kesehatan,” kata Darlis, warga Suli.

Ada dua jenis Ikan Sidat yang bisa dijumpai di Luwu, diantaranya sidat atau Masapi Lotto, hidup di air asin dan Masapi Salo, hidup di air tawar. Dari dua jenis Masapi ini, Masapi Salo, harganya cukup mahal. Satu ekor Masapi Salo, dengan bobot 6 sampai 8 kilogram, harganya bisa mencapai Rp 700 hingga 850 ribu. (Dam)

Komentar