oleh

Melintas di Palopo, Tujuh Pemuda Asal Depok Ingin ‘Taklukkan’ Pulau Sulawesi Pakai Sepeda

PALOPO, RADARLUWURAYA – Terik matahari dan dinginnya hujan tak menyurutkan kaki Rafi Puji Berkah (23) mengayuh sepedanya. Bersama enam rekannya, para pemuda asal Depok, Jawa Barat itu ingin menaklukkan Pulau Sulawesi dengan menggunakan sepeda.

Tergabung dalam komunitas Omah Jangan Diam Terus, mereka memulai petualangannya di Pulau Celebes 6 Oktober 2020 lalu. “Rencananya kami ingin keliling Pulau Sulawesi dalam enam bulan,” kata Rafi saat ditemui saat melintas di Palopo, Sabtu (19/12/2020) malam.

Tidak hanya sekadar berpetualang, tujuh pemuda lajang tersebut juga ingin belajar budaya dan kehidupan orang Sulawesi. “Belajar arsitektur, kuliner dan budaya di Sulawesi. Apa yang kami dapatkan nanti akan dibawa ke pulau Jawa,” jelasnya.

Namun, tidak semua pengalaman mereka di Sulawesi menarik. Ada juga duka yang mereka rasakan. Salah satunya saat rombongan kehilangan empat handphone.

“Kejadian itu waktu kami di Baubau. Namun itu bukan alasan kami menghentikan petualangan kami ini. Bahkan, itu membuat kami lebih waspada lagi,” katanya.

Bukan hanya belajar banyak hal di Sulawesi, para pemuda itu juga membuat gerakan sosial di tempat mereka singgahi, seperti cukur rambut gratis dan memberikan kopi gratis ke warga sekitar.

“Sepulang dari Pulau Sulawesi, kami akan buat Pameran. Pengalaman ini akan kami bagikan di pameran itu,” pungkasnya. (chaliq)

Komentar