oleh

Mensos RI Kunjungi Luwu Utara, Ini Acara yang Dihadirinya

RADARLUWURAYA – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara kedatangan tamu istimewa hari ini, dia adalah Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang. Agus mengunjungi Luwu Utara dalam rangka menghadiri Puncak Harmoni Indonesia Gelorakan Semangat Kebangsaan, di Lapangan Desa Baloli, Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Senin (30/10/18).

Tahun ini, Luwu Utara mendapat kepercayaan dari Kementerian Sosial RI untuk menjadi tuan rumah dari program Pengentasan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial dalam rangka mewujudkan Indonesia damai dan sejahtera, yang akan digelar hingga 1 November mendatang.

BACA JUGA: Jelang Seleksi CPNS, Bupati Lutra Ingatkan Peserta Waspada Calo

Pada kegiatan tersebut juga ada Launching bantuan keserasian sosial dan kearifan lokal tahun 2018, serta Launching Desa Baloli sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya, Agus sangat mengapresiasi kegiatan Harmoni Indonesia Gelorakan Semangat Kebangsaan yang berlangsung di Desa Baloli itu. Menurutnya, momentum pelaksanaan kegiatan Harmoni Kebangsaan ini menjadi spirit untuk membangun keselarasan hidup bermasyarakat dengan mengaktualisasikan semangat kebangsaan menuju Indonesia yang damai dan sejahtera.

“Para Pelopor Perdamaian yang hadir dalam kegiatan ini adalah agen pemersatu bangsa. Kalian adalah aset bangsa yang nantinya akan memberikan kontribusi yang besar bagi bertahannya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kontribusi adik-adik semua sebagai generasi muda sangat kita butuhkan,” kata Agus.

BACA JUGA: PS Cendana Putih 1 Akan Wakili Lutra di LDN Tingkat Sulsel

Agus mengungkapkan alasan kenapa Lutra diberi kepercayaan sebagai tuan rumah kegiatan Harmoni Kebangsaan. Menurutnya, semua tidak terlepas dari sejarah Tana Luwu itu sendiri, di mana Tana Luwu merupakan kerajaan tertua di Sulsel.

“Kegiatan ini adalah momentum yang tepat untuk menyatakan komitmen bersama bahwa kita mampu mendayagunakan segenap kemampuan dalam mengemban misi kebangsaan di Indonesia,” jelas Agus.

Sementara itu Bupati Indah Putri Indriani, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Mensos Agus Gumiwang dan jajarannya karena memberikan kepercayaan kepada Luwu Utara menjadi tuan rumah kegiatan Harmoni Kebangsaan.

“Kami berharap kedatangan pak Menteri dan jajarannya hari ini bukan yang terakhir. Semoga kegiatan ini dapat meninggalkan kesan yang baik dan yang paling penting adalah bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” harap Indah.

Acara ini juga diwarnai dengan pemberian gelar adat kepada Mensos Agus Gumiwang dari Katomakakaan Masamba. Mensos juga meresmikan Rumah Adat Katokkoan Masamba dan menandatangani prasasti Jembatan Persahabatan. Sebelumnya, Mensos dan rombongan disambut dengan tarian paduppa.

Acara itu juga menjadi ajang bagi Mensos RI untuk memberikan bantuan berupa, Bantuan PKH sebesar Rp90 juta, kendaraan roda dua sebanyak 4 unit, alat komunikasi berupa HT sebanyak tiga set, bantuan program jembatan persahabatan sebesar Rp150 juta, bantuan Harmoni Muda Mudi sebesar Rp150 juta, Launching Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal sebesar Rp550 juta, bantuan Ratilahu PKH sebesar Rp1,5 Miliar, bantuan KUB PKH sebesar Rp800 juta, Bantuan Sarana Lingkungan sebesar Rp100 juta, dan bantuan sarana kamar lansia sebesar Rp125 juta.

Untuk diketahui, di Kabupaten Luwu Utara terdapat sekitar 18.000 orang warga di Kab. Lutra yang akan mendapat bantuan program keserasian sosial dan PKH. Pemkab Lutra sendiri mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,71 miliar untuk menunjang program Kemensos RI, khususnya pada bidang kebencanaan dan Program Keluarga Harapan (PKH). (HERMAN)

Komentar