oleh

Musrembang Tingkat Kota Palopo Fokus Pengembangan SDM

RADARLUWURAYA.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kota Palopo dalam rangka penyusunan rencana RKPD Kota Palopo Tahun Anggaran 2020, berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Palopo, Kamis (28/3).

Dalam Musrembang itu, terungkap bahwa Bappeda Kota Palopo telah menerima secara berjenjang 1.992 usulan awal dari tingkat kelurahan kemudian dipriodisasi menjadi 405 usulan kecamatan, dan akhirnya hanya 119 usulan yang diterima di tingkat perangkat daerah. Selain itu, terdapat pula 366 usulan dari pokok-pokok pikiran DPRD.

Kepala Bappeda Kota Palopo Firmanza DP, mengatakan bahwa indeks pembangunan manusia kota Palopo yang meningkat menjadi 76,71 persen.

“Selain capaian-capaian tersebut, Kota Palopo masih menghadapi permasalahan pembangunan antara lain angka pengangguran dan kemiskinan masih cukup tinggi, kawasan kumuh dan akses sanitasi belum tuntas, masih ada wilayah terendam banjir, kapasitas dan kualitas infrastruktur belum optimal layanan standar pelayanan minimal dan layanan publik belum optimal serta akuntabilitas kinerja pemerintah masih lemah,” paparnya.

Dalam rancangan RKPD Tahun Anggaran 2020, pemerintah memproyeksi total belanja sebesar 964,20 miliar, jumlah ini untuk mencapai target kinerja Kota Palopo 2020.

Musrembang tingkat Kota Palopo ini akan dihadiri oleh Walikota Palopo HM Judas Amir dan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sulsel, Abdul Aziz,
forkopimda dan pejabat Pemkot Palopo.(Niki)

Komentar