oleh

Nurtanni: Saya Bagi Uang karena Diizinkan Panwascam

RADARLUWURAYA.com – Nurtanni, warga yang terekam sedang membagi-bagikan uang pada warga, pada acara sosialisasi Caleg DPR RI, Partai Golkar, mengaku, sudah mendapat persetujuan dari Panwascam Larompong Selatan. Sebelum membagikan uang, Nurtanni terlebih dahulu berkonsultasi dengan Panwascam.

“Saya bertanya ke Panwascam Larompong Selatan, apakah boleh kami bagikan uang? Panwascamnya bilang boleh, asalkan nilainya tidak lebih dari Rp 50 ribu,” kata Nurtanni, Jumat 12 April.

Karena bukan pelanggaran menurut Panwascam, Nurtanni akhirnya membagikan uang pecahan Rp 50 ribu, setiap satu orang warga yang menghadiri acara sosialisasi caleg tersebut. Dia memperkirakan, warga yang hadir saat itu, mencapai ribuan orang.

“Warga mulai berdatangan sejak pagi hari, dan kami tidak beri makan siang, makanya kami berinisiatif memberikan uang transpor, buat beli bensin,” ujarnya.

Nurtanni juga menyebut, dirinya belum definitif menjadi Kepala Desa di Malewong, karena belum dilantik. Sehingga jika dia memfasilitasi Caleg dan membagikan uang pada warga, itu wajar saja. “Saya bukan Kepala Desa, karena belum dilantik, jadi saya fikir, tidak ada masalah kalau rumahku dijadikan tempat sosialisasi Caleg,” ujarnya.

Nurtanni, terpilih sebagai Kepala Desa, dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Haspin, suaminya, sebagai kepala desa di Malewong. Suaminya mengundurkan diri sebagai Kepala Desa, karena maju sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Luwu.

“Panwascam ada di lokasi saat kami bagi-bagikan uang, dan masalah ini sudah kami klarifikasi dengan Panwascam, silakan tanya Panwascamnya,” katanya.

Sementara Komisioner Bawaslu Luwu, Asriani, membenarkan jika ada pembagian uang pada acara tersebut.

“Penjelasan dari Panwascam kami di Larompong Selatan, memang ada bagi-bagi uang, dan kami sedang investigasi seperti apa bentuk pelanggarannya,” kata Asriani.

Sebelumnya, Asriani menduga ada pelanggaran money politik pada kegiatan tersebut. Dia juga menambahkan, terkait video bagi-bagi uang diacara sosialisasi Caleg, Bawaslu belum menerima laporan resmi. “Tapi sudah kami tindaklanjuti, jika syarat formil dan materilnya sudah terpenuhi, kami tingkatkan ketemuan,” ujarnya. (Dam)

Komentar