oleh

Parpol Dibekali Sistem Pengelolaan Keuangan

RADARLUWURAYA.com – Pengurus Partai Politik di Kota Palopo dibekali sistem pengelolaan keuangan. Itu melalui kegiatan sosialisasi bantuan keuangan kepada partai politik yang berlangsung di Aula Hotel Harapan, Kecamatan, Kota Palopo, Kamis, (20/09/18).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Implementasi Permendagri nomor 36 tahun 2018 tentang Pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan,penyaluran, dan laporan pertanggung jawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik’ ini bertujuan untuk mensosialisasikan peraturan pemerintah dan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang terkait dengan bantuan keuangan pada partai politik. Agar persyaratan, ketentuan dan proses pengajuan, penyaluran dan pertanggung jawaban penerimaan dan penggunaan bantuan keuangan dapat dipahami oleh partai politik yang menerima bantuan keuangan.

BACA JUGA: Sekot Harap Kontingen Harumkan Nama Palopo di Porda

Sekda Kota Palopo H. Jamaluddin Nuhung SH.MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya peraturan baru terkait bantuan keuangan partai politik, maka diwajibkan para pengurus parpol memahami aturan tersebut. Apalagi berkaitan dengan pengelolaan pemerintahan, pengelolaan partai politik, pengelolaan keuangan, menurutnya harus transparan atau akuntabel dan dapat di pertanggungjawabkan.

”Tidak boleh lagi mengelola keuangan negara dengan semau-mau kita, apalagi lingkup pemerintah, lingkup partai politik adalah orang yang dimata matai oleh siapa saja,” katanya.

BACA JUGA : Jumlah Caleg DPRD Luwu Utara Capai 375 Orang

Pada prinsipnya kata Jamaluddin, berapapun jumlah dana yang digunakan wajib dipertanggung jawabkan. Bahkan baiknya, digunakan menurut catatannya dan di pertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan.

“Saya selaku sekertaris Daerah sangat mengapresiasi acara ini, karena ini akan memberikan pencerahan, pengalaman dan memberikan pemahaman yang pendalaman kepada kita semua. Sehingga nanti, dalam pengelolaan bantuan keuangan partai politik tidak ada lagi yang menimbulkan masalah masalah. Karena kita sadari bersama, bahwa tahun-tahun sebelumnya melalui kegiatan yang berulang-ulang terus masih ada yang pandai membelanjkan tapi tidak pandai mempertanggung jawabkan,” ungkap Jamaluddin Nuhung.

BACA JUGA : Mau Lolos Nyaleg, Caleg Eks Napi Harus Ajukan Ajudikasi Ke Bawaslu

Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi antar partai politik. Tampak hadir pada kegiatan itu, Kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Palopo Dr. Baso Sulaiman M.Si, Narasumber, panitia dan para utusan Partai Politik. (john)

Komentar