oleh

Pecahkan Rekor Muri Tari Gemu Famire, TNI Ajak Polri dan Masyarakat Goyang di Gaspa

RADARLUWURAYA.com – Peringati hari jadinya yang ke-73, TNI mengajak polri, instansi pemerintah dan masyarakat goyang Gemu Famire, itu dalam rangka memecahkan rekor muri tari yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Tari Gemu Femire dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, Selasa (4/9/2018), khusus di wilayah Kodim 1403/Swg, tari Gemu Famire diadakan di lapangan Gaspa, Kota Palopo.

Kurang lebih 1.000 orang dilibatkan. Sekitar pukul 07.00 Wita, mereka sudah berkumpul di lapangan ini. Pelaksanaan tari ini juga diikuti Forkopimda Kota Palopo.

Tidak sekedar bergoyang, para penari yang terdiri TNI, Persit, PNS TNI AD, Polri, Pemda, FKPPI, Damkar, Satpol PP, pelajar dan bhayangkari juga membentuk formasi bertuliskan ‘HUT TNI 73’. Itu hanya dapat dilihat dari kamera drone.

Letkol Inf M Imasfy SE selaku Dandim 1403/Swg, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaannya kepada panitia dan segenap pihak sehingga kegiatan pemecahan rekor Muri tari Gemu Famire ini berjalan dengan baik dan lancar.

Menurutnya, lagu Gemu Famire diciptakan oleh Nyong Franco
berasal dari Maumere, Sikka, Nusa
Tenggara Timur (NTT). Meski berasal dari NTT, namun masyarakat Sulawesi tanpa memandang suku, ras dan agama, sangat menikmati dan menari bersama-sama dengan penuh semangat, riang gembira dan bahagia.

“Seperti kita ketahui bersama, saat ini
pengaruh asing begitu gencar masuk ke negara yang kita cintai tanpa adanya filter, sehingga sering memberikan pengaruh negatif terhadap rakyat Indonesia terutama kaum muda,” kata dandim.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan menampilkan tari Gemu Famire hari ini, diharapkan dapat meminimalisir pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan tabiat dan norma

“Besar harapan kita semua dengan
adanya pemecahan rekor Muri Tari Gemu Famire, dapat mengangkat seni asli anak negeri hingga ke mancanegara dan mengingatkan kita bahwa harus bangga akan karya dari negeri sendiri yang tidak kalah dengan budaya asing,” tandasnya.(tiara)

Komentar