oleh

Pelayanan Lebih Efisien dengan Program SCF

RADARLUWURAYA.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) menjalin kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri untuk pembiayaan fasilitas program Supply Chain Financing (SCF).

”Program ini sebagai alternatif dalam memberikan pelayanan yang efisien serta untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan sebelum jatuh tempo,” kata Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kota Palopo, Desi Adriani Lubis.

BACA JUGA : Fix, Erick Thohir Ketua Tim Jokowi-Ma’ruf, JK Dewan Pengarah…

Ia mengatakan, program SCF bisa dimanfaatkan Fasilitas Kesehatan (Faskes) untuk pembiayaan pelayanan kesehatan.
Program ini diberikan kepada faskes mitra BPJS Kesehatan, untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambilalihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran.

Dalam hal ini, pembiayaan tagihan pelayanan kesehatan bagi rumah sakit atau faskes yang bermitra dengan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui Bank Syariah Mandiri.

BACA JUGA : Ini Nama-nama Timsel KPU untuk Kabupaten Luwu…

”Dengan adanya kerjasama BPJS Kesehatan dengan Bank Mandiri Syariah, melalui program SCF tentu memudahkan mitra BPJS Kesehatan. Tidak perlu lagi waktu lama untuk mengurusi pembiayaan di BPJS Kesehatan,” tandasnya, Jumat(7/92018).

Sekedar diketahui, tak hanya dengan dua bank syariah, sebelumnya BPJS kesehatan juga telah bermitra dengan beberapa bank untuk prinsip yang sama. bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, Bank Permata, Bank Bukopin, dan Bank BJB.

BACA JUGA : Video: Gegara Rp2000, Dosen Palopo Usir Mahasiswa

Pelaksanaannya, BPJS Kesehatan telah menyiapkan infrastruktur IT untuk pengiriman data tagihan yang telah disetujui atau dibayar. Secara teknis, faskes akan mengajukan tagihan klaim dan BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi untuk memberikan persetujuan pembayaran.

Setelah BPJS Kesehatan menerima tagihan dan memberikan persetujuan atas tagihan tersebut, bank dapat mencairkan pinjaman kepada faskes yang telah memenuhi syarat pengajuan klaim. (angga)

Komentar