oleh

Pembangunan Jembatan Penghubung Lutra-Luwu, Tengah Diusul ke Provisi

RADARLUWURAYA.com – Salah satu anggota DPRD Luwu Utara mengharpakan pembagunan jembatan penghubung Desa Pombakka Luwu Utara dan Lamasi Kabupaten Luwu karena merupakan transportasi darat sebagai percepatan perekonomian masyarakat Desa Pombakka, Kecamatan Malangke Barat.

Hal ini di ungkapkan Angggota DPRD Lutra Fraksi Golkar, Amir Mahmud kepada radarluwuraya.com, via wahatshapp minggu, (16/12/18).

Informasi yang berhasil dihimpun, mayoritas penduduk desa Pombakka bekerja sebagai petani coklat, jeruk, tambak rumput laut dan empang ikan. Hal ini menyebabkan konsentrasi penduduk yang menyebar di empang-empang atau rumah kebun. Biasanya, hanya sesekali mereka kembali ke rumah utamanya yang terletak di masing-masing dusun.

Untuk mencapai desa Pombakka, ada 2 alternatif pilihan. Pertama, dari pelabuhan Amasangan, kecamatan Malangke Barat, menggunakan katingting penduduk dengan harga sewa sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per-orang, yang kadang juga tidak tentu, tergantung jumlah penumpang. Jarak yang ditempuh sekitar 2-3 jam menyusuri sungai Rongkong dan Teluk Bone.

Alternatif kedua, dari Kota Palopo dengan menggunakan katingting, dengan harga yang sama, namun jarak tempuhnya lebih singkat, sekitar 1-2 jam, yang juga menyusuri Teluk Bone dan sungai Rongkong yang terkenal banyak buayanya. Karena itulah, Pombakka menjadi desa terpencil dan memiliki 4 dusun, yaitu Lawatu, Pombakka, Sauru, dan Wellang Pellang yang memiliki jumlah penduduk 1428 jiwa

“DPRD Lutra berkewajiban untuk selalu mengingatkan karena jembatan itu merupakan urat nadi perekonomian masyarakat,” tutur anggota DPRD Komisi III Bidang Anggaran Ini.

“Tahapnya sementara diusulkan ke provinsi karena ada dua kabupaten, Pombakka, Kabupaten Luwu Utara dan Lamasi Kabupaten Luwu, dan memang wewenang provinsi” katanya

Sementara Camat Malangke Barat mengatakan, kunjungan itu dilakukan pada saat acara syukuran di rumah kepala desa pombakka bersama Anggota DPRD Lutra Amir Mahmud, partai Golkar Abd. Muis, partai PKS Kadis DPKAD Lutra, Kades Baku-Baku, Staf Kecamatan menghadiri acara syukuran di rumah Kepala Desa Pombakka. (john)

Komentar