oleh

Pendaftar Relasi Pemilu 2019 di KPU Lutra Membludak

RADARLUWURAYA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) telah menutup pendaftaran calon anggota relawan demokrasi (Relasi) Pemilu 2019, Kamis (17/1).

Adapun jumlah peserta relasi yang sudah menyerahkan berkas ke KPU Luwu Utara sebanyak 148. Namun hanya 55 orang yang dibutuhkan.

Komisioner KPU Luwu Utara Divisi Peningkatan partisipasi pemilih (Parmas) dan sumber daya manusia (SDM) Rahmat mengatakan bahwa sejak dibuka pendaftaran 10 sampai 16 januari 2019 panitia sudah menerima pengembalian berkas calon Relasi sebanyak 148 dari 10 basis segmen yang sudah ditentukan.

Dikatakan Rahmat, untuk menentukan 55 anggota relasi, pihaknya akan menggelar dua tahapan seleksi yakni administrasi dan wawancara kepada calon Relasi Pemilu 2019 tersebut.

“Seleksi admintrasi berkas 148 calon dimulai tanggal 17 januari 2019 dan hasil dari seleksi berkas tersebut yang lulus akan mengikuti tes wawancara yang akan digelar mulai jum’at 18 -19 dan pengumuman tersebut akan menetapkan calon Relasi terpilih tanggal 21 januari 2019,” jelas Rahmat.

Ke-148 calon relasi tersebut yang mendaftar tersebar di 12 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lutra. Untuk penetapan anggota Relasi bukan berdasarkan Kecamatan, namun sesuai dengan basis massa pemilih.

“Jadi Ke 55 anggota Relasi tersebut yang terpilih akan bersosialisasi tentang pemilu di 10 basis pemilih dimana mereka tinggal” imbuhnya.

Rahmat merinci bahwa adapun jumlah pelamar ke-10 basis atau kelompok pemilih tersebut adalah yang akan mengikuti proses seleksi adalah, Basis Pemilih keluarga 29 orang, Basis pemilih pemula 26 orang, Basis pemilih muda, 11 orang, Basis pemilih perempuan 26 orang, Basis pemilih penyandang disabilitas 7 orang, Basis pemilih khusus 7 orang, Basis pemilih marginal 6 orang, Basis pemilih komunitas 8, Basis pemilih keagamaan 18 orang, dan Basis pemilih warga internet (Netizen) 10 orang.

Untuk itu pihaknya berharap kepada semua calon yang lolos dalam seleksi administrasi untuk mengikuti tes dengan memperlihatkan kemampuan.

“Kerena kami akan memilih 55 anggota Relasi yang akan melakukan sosialiasi tentang kepemiluan dan mengingatkan masyarakat hari pencoblosan dan mengajak masyarakat datang ke TPS untuk memilih,” pungkasnya. (Herman)

Komentar