oleh

Pengawasan Bawaslu Luwu Utara Dinilai Lemah

RADARLUWURAYA.com – Direktur LSM Masamba Affair center (MAC), Amordi soroti kinerja Bawaslu Luwu Utara terkait pengawasan terhadap netralitas ASN dan aparat pemerintah.

Amordi menyebutkan bahwa sebagai fungsi pengawasan Bawaslu Luwu Utara lemah dalam menjalankan tugasnya.

“Bagaimana bisa seorang Lurah mengundang warga melalui surat resmi dengan kop surat resmi pemerintah untuk hadir diacara Silaturahmi calon anggota DPR RI,dan ini lepas dari pantauan Bawaslu,” tegas Amordi,Jumat (1/2/19).

Bahkan ia menyebutkan bahwa sebagai penyelenggara yang digaji oleh negara dan menggunakan milliaran anggaran tidak bisa mendeteksi hal semacam itu.

“Mereka kan ada disetiap kecamatan dan desa, masa ada kegiatan caleg yang dilaksanakan oleh Lurah tidak tindaki oleh Bawaslu,”ujarnya.

Untuk diketahui, pada tanggal 22 Januari lalu, Lurah Salassa Kecamatan Baebunta mengeluarkan surat undangan untuk menghadiri silaturahmi calon anggota DPR RI partai Golkar Muh. Fauzi di Sabbang Loang Desa Sassa.

Bawaslu Luwu Utara saat di konfirmasi menyatakan akan segera menindaklanjuti terkait dengan adanya surat undangan lurah Salassa yang mengundang masyarakat untuk hadir di acara silaturrahmi dengan calon anggota DPR RI Muh. Fauzi pada tanggal 22 Januari lalu.

Ibrahim Umar, Divisi pencegahan, hubungan antar lembaga dan hubungan antar masyarakat Bawaslu Luwu Utara mengatakan bahwa pihaknya akan segera memanggil Lurah Salassa untuk memberikan klarifikasi.

“Kita akan segera memanggil Lurah Salassa untuk melakukan klarifikasi terkait surat tersebut,”kata Ibrahim Umar.

Sementara itu, Panswalu Kecamatan Baebunta,Zulkifli Baso Amir saat di konfirmasi di Aula Hotel remaja menuturkan pihaknya sementara menelusuri dan memperkuat alat bukti.

“Kita sementara mengumpulkan alat bukti, termasuk surat undangan dan saksi. Selanjutnya kita juga akan melakukan klarifikasi terhadap Lurah Salassa,”ujar Zulkifli. (PA)

Komentar