oleh

Pengguna Android, Jangan Install Empat Aplikasi Ini…

RADARLUWURAYA.com – Pengguna Android, wajib berhati-hati terhadap aplikasi berbahaya yang dapat merusak smarthphone.

Olehnya itu, pengguna android jangan sembarang mendownload dan meng-install aplikasi. Sebab beberapa jenis aplikasi, baik itu yang disediakan secara resmi oleh layanan Google Play Store ataupun yang disediakan oleh pihak ketiga sangat berbahaya.

Berikut empat jenis aplikasi yang sangat berbahaya.

1. Kuis Online

Platform sosial media terbesar di dunia Facebook, pernah terkena kasus skandal pencurian data akibat permainan kuis online yang merekam data-data penggunanya. Kasus ini sempat viral dan mencuri perhatian netizen di seluruh dunia terhadap Mark Zuckerberg selaku Founder Facebook.

2. Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai dipercayai sebagian pengguna smartphone ampuh untuk memperlama daya tahan baterai smartphone. Penting untuk kamu ketahui, Aplikasi semacam ini tidak akan memberikan efek signifikan terhadap baterai smartphone Android kamu. Justru Aplikasi semacam ini akan memakan usia pemakaian baterai smartphone yang semakin boros.

3. Aplikasi Cuaca

Aplikasi Cuaca memang cukup bermanfaat dalam memberikan informasi mengenai cuaca di sekitar lokasi tempat kamu berada. Akan tetapi, tanpa kamu sadari aplikasi cuaca umumnya akan melacak dimana lokasi kamu berada baru aplikasi tersebut memberikan aplikasi yang akurat. Aplikasi semacam ini juga pernah terkena kasus pencurian data penggunanya. Ada baiknya untuk menggunakan layanan Google Assistant untuk mengetahui informasi cuaca.

4. Aplikasi Pembersih

Sebagian besar pengguna android banyak yang tertipu dengan kehadiran aplikasi pembersih yang banyak beredar di Google Play Store. Memang, aplikasi seperti ini cukup membantu dalam membersihkan berkas-berkas yang kurang berguna pada smartphone. Namun, umumnya saat ini smartphone Android telah dibekali dengan aplikasi pembersih bawaan yang memiliki fitur serupa.

Nah itulah keempat aplikasi Android yang berbahaya yang wajib kamu waspadai.(fin)

Komentar