oleh

Peringati Hari Tani Nasional, PMII Kota Palopo Gelar Dialog Agraria

RADARLUWURAYA.com- Untuk memperingati Hari Tani Nasional (HTN) yang jatuh pada tanggal 24 September 2018, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Palopo menyelenggarakan dialog persoalan Agraria di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Sabtu (22/9/2018).

Dalam Dialog itu Rais Laode Sabania sebagai narasumber mengatakan, mengenai nasib petani hari ini dimana data mengenai konflik tanah yg terjadi di Indonesia itu sangat besar di beberapa daerah di Indonesia.

“Konflik tanah yg terjadi tentunya berimbas pada petani-petani pribumi, dimana pemerintah berseteru dengan masyarakat untuk mengambil hak tanah mereka terkhusus masyarakat yang berprofesi sebagai petani”ungkapnya

Dialog yang di ikuti oleh kalangan mahasiswa Kota Palopo juga angkat bicara persoalan agraria yang ada di kalangan petani.

Salah satunya Lisa, Mahasiswa IAIN mengatakan, mengenai dialog yang diadakan dikampus tentunya saya sangat mengapresiasi karena dengan adanya dialog-dialog seperti itu dapat memberi pengetahuan mengenai agraria kepada teman-teman mahasiswa yang kebanyakan berasal dari anak petani.

“Tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang berasal dari anak petani juga pasti menjalankan peran seorang petani. Ini menjadikan pemahamaan kepada mahasiswa bahwa petani itu merupakan seorang yang paling berperan penting terhadap keberlangsungan negara apalagi di Indonesia yang merupakan negara agraria”tutur Lisa (Angga)

Komentar