oleh

Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya Wakili Sulsel Lomba Tk. Nasional Secara Virtual

TOMONI, RADARLUWURAYA.COM – Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada Lomba Perpustakaan Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2020, hari ini Rabu (23/09/2020) dinilai oleh tim Juri tingkat Nasional secara virtual.

Pada lomba tingkat Nasional ini, Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur berada di cluster A dan akan bersaing dengan Perpustakaan “Balai Pintar”, Desa Pengkol, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta, Perpustakaan “Arsita”, Desa Air Belo, Kabupaten Bangka Barat, Belitung Tengah, Perpustakaan “Delima”, Desa Mutih Wetan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Perpustakaan “Jendela Dunia”, Desa Pesayangan, Kabupaten Kuningan , Jawa Barat, dan Perpustakaan “Harapan Bangsa”, Desa Pegat Bukur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Penilaian yang dilakukan secara virtual ini diawali dengan sambutan Bupati Luwu Timur yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur. Hadir sejumlah kepala SKPD terkait, Camat Tomoni, Tim Penggerak PKK dan Dinas Perpustakaan dan kearsipan provinsi Sulawei Selatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli dalam sambutannya mengatakan, Perpustakaan Desa bukan hanya tempat membaca, tetapi dengan transformasi berbasis inklusi sosial guna mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Ditengah masa pandemi saat ini, merupakan tantangan bagi perpustakaan desa untuk melakukan pengembangan perpustakaan. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan lomba seperti ini, memacu perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya ini untuk melakukan perbaikan dalam hal administrasi, program, dan kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat,” jelas Bahri Suli.

Sekda juga menyebutkan bahwa perpustakaan nirwana merupakan perpustakaan ketiga di Kabupaten Luwu Timur yang ikut dalam ajang lomba perpustakaan terbaik tingkat nasional, setelah sebelumnya ada Perpustakaan Desa Sorowako (Juara III/2016), dan Perpustakaan Tudang Sipulung Desa Puncak Indah (Juara IV/2019).

“Oleh karena itu, ia berharap pada lomba tahun ini Perpustakaan Nirwana ini dapat kembali mengharumkan Kabupaten Luwu Timur di tingkat Nasional sebagai juara pertama tahun 2020 guna mendukung peningkatan SDM menuju Luwu Timur Terkemuka 2021.

Sementara Kepala Desa Bangun Jaya, Sunarsono menceritakan, Perpustakaan Nirwana berdiri pada tahun 2013, pada saat itu masih bersama di dalam ruangan kantor desa kemudian selang 2 tahun berpindah di rumah jabatan guru kemudian yang terakhir kita memiliki gedung perpustakaan sendiri.

“Insya Allah setiap tahunnya kami akan meningkatkan dana untuk mendongkrak kegiatan di perpustakaan ini, rencana kami, bangunan ini akan dibuat dua tingkat tahun depan,” ungkap Sunarsono.

Kades Bangun Jaya menambahkan, Desa Bangun Jaya telah beberapa kali mengikuti lomba ke tingkat nasional, diantaranya lomba posyandu, lomba gotong royong, LKS tingkat nasional, lomba Desa tingkat nasional.

Pada sesi presentasi, diawali dengan live streaming dengan memperlihatkan gedung perpustakaan desa Bangun Jaya, ruang anak, koleksi, taman baca serta café baca, karya-karya olahan masyarakat hasil bimbingan perpustakaan Nirwana.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kepala perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya, Suyati yang meliputi ; Kelembagaan, Gedung/ruang perpustakaan, Perabot dan perlengkapan,Tenaga, Koleksi, Layanan, Anggaran, Kerjasama, Promosi, Kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Selanjutnya pada sesi tanya jawab yang dilakukan antara Tim Juri sebanyak 7 orang dengan kepala perpustakaan Desa Nirwana yang melibatkan Kepala Desa Bangun Jaya, sesuai paparan yang telah disampaikan sebelumnya. (ikp/kominfo)

Komentar