oleh

Pilkades di Luwu Ditunda Hingga September

*Petahana Diperiksa Inspektorat

RADARLUWURAYA.com, LUWU – Agenda penjaringan bakal calon kepala desa telah ditutup panitia pemilihan kepala desa (pilkades) sesuai jadwal dan tahapan pilkades yang telah ditetapkan sebelumnya. Sejumlah figur telah mendaftar sebagai bakal calon kepala desa.

Di kabupaten Luwu, sebanyak 88 desa yang tersebar di 20 kecamatan akan menggelar pemilihan kepala desa di tahun 2019.

Penundaan pemilihan kepala desa ini dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Luwu Nomor 140/358/VII/DPMD tentang pemberhentian sementara proses jadwal dan tahapan pemilihan kepala desa serentak tahun 2019 tertanggal 3 Juli 2019 yang ditandatangani Wakil Bupati, Syukur Bijak (SBj).

Dalam surat edaran tersebut, memuat dua poin yaitu, proses jadwal dan tahapan pemilihan kepala desa serentak yang sementara berlangsung dihentikan sementara terhitung tanggal 4 Juli 2019 hingga dikeluarkannya keputusan Bupati Luwu tentang perubahan jadwal dan tahapan pemilihan kepala desa serentak 2019.

Kedua, badan permusyawaratan desa (BPD) yang belum membentuk panitia pelaksana pemilihan kepala desa agar segera membentuk panitia pilkades paling lambat tanggal 13 Juli 2019 dengan berpedoman pada Peraturan Bupati Luwu No 146 Tahun 2017 tentang Petunjuk Tehnis Pilkades.

Ditemui diruang kerjanya, Kamis (04/7), SBj mengatakan, diundurnya jadwal pilkades serentak karena beberapa mantan kepala desa saat ini sementara menjalani pemeriksaan oleh inspektorat.

“Jadi mereka mantan kepala desa kembali maju itu tidak bisa maju jika surat bebas temuan dari inspektorat belum dikeluarkan. Makanya kita undur hingga adanya hasil pemeriksaan dari inspektorat,” kata SBj.

Selengkapnya Baca di Harian Radar Luwu Raya, Edisi 5 Juli 2019

Komentar