oleh

Produk Ilegal Senilai Rp 9,29 M Berhasil Dimusnahkan Aparat Bea Cukai Sulsel

RADARLUWURAYA.com – Jajaran Petugas Kantor Bea dan Cukai Bagian Selatan memusnahkan 12.543.000 batang rokok dan 552 botol minuman keras (Miras) ilegal berbagai merek. Produk ilegal yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan sepanjang 2018 hingga awal Maret 2019.

“Dalam kurun waktu tersebut jajaran Bea dan Cukai Bagian Selatan telah mengamankan total perkiraan barang mencapai Rp 9,29 miliar. Potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari produk ilegal itu juga mencapai Rp 4,2 miliar,” Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Rabu (13/3).

Metode pemusnahan dilakukan secara simbolik. Beberapa produk rokok ilegal dan miras dipecahkan dan dibakar di dalam tong yang sedari awal telah disediakan. Heru menjelaskan, seluruh barang bukti yang diamankan adalah hasil kerja keras anak buahnya.

Umumya barang impor ilegal itu masuk ke Indonesia melalui jalur laut. Sulsel menjadi target peredaran barang tersebut.

“Penindakan yang secara intens dan masif menunjukkan komitmen untuk meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap seluruh peredaran produk-produk ilegal rokok dan miras, khususnya di Sulsel,” ungkap Heru.

Kondisi ini menjadi bukti bahwa Bea Cukai melindungi masyarakat agar tidak terlibat dalam peredaran barang yang dianggap merugikan keuangan negara. Hal itu dianggap sejalan dengan program Bea dan Cukai untuk menciptakan iklim bisnis yang kondusif bagi para pelaku usaha.

“Kami mendorong para pelaku usaha untuk menanamkan mindset, bahwa legal itu mudah. Tujuannya agar pasar dalam negeri diisi oleh produk-produk lokal yang taat membayar pajak,” lanjutnya. (RadarLuwuRaya/Jawapos)

Komentar