oleh

Puluhan HP Seludupan Penghuni Rutan Masamba Diamankan

RADARLUWURAYA.com – Puluhan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Masamba, menyerahkan handphone miliknya.

Itu setelah dilakukan sosialisasi kepada para warga binaan (WB) mengenai Hak, Kewajiban, Larangan dan Sanksi Narapidana/Tahanan sesuai dengan PERKEMENKUMHAM NO.6 TAHUN 2013, di lapangan olahraga Rutan Masamba, Sabtu (16/02).

Kepala Rutan Kelas IIB Masamba, Efendy membenarkan hal tersebut. Menurutnya, selain handphone, warga binaan (WB) juga menyerahkan charger, powerbank, handset, baterai dan speaker.

“Ada 52 WB yang menyetor handphone serta alat-alat elektronik lainnya secara sukarela,” Kata Efendy, Sabtu (16/2).

Ia menjelaskan, tercatat ada 15 buah handphone android, 8 charger, 4 powerbank, 5 handset, 4 baterai handphone dan 1 buah speaker yang terkumpul.

Diduga, puluhan handphone tersebut diselundupkan oleh tahanan saat kembali dari sidang. Juga saat para penghuni Rutan menerima kunjungan kerabat atau teman mereka.

“Handphone ini akan dikembalikan ke keluarga mereka masing-masing. Namun, apabila diketemukan lagi, maka akan diberikan tindkan tegas berupa sanksi pencabutan remisi, pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat,” jelas Efendy.

Lolosnya handphone tersebut, juga diakui Efendy karena minimnya petugas Rutan Masamba. Saat ini saja, petugas Rutan Masamba hanya 48 orang. Sedangkan penghuni Rutan sebanyak 344 orang.

“Kita juga belum punya alat pendeteksi, pemeriksaan hanya dilakukan secara manual,” tandasnya.(Niki)

Komentar