oleh

RMB Bedah RPJMD Visi Palopo 2023

RADARLUWURAYA.com – Palopo Urban Forum kembali mengadakan diskusi publik, seri ke 7 yang membahas terkait Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Popo selama 5 tahun kedepan.

Kegiatan yang menghadirkan Wakil Walikota Palopo Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, (RMB) dan Ketua Pansus  RPJMD DPRD Kota Palopo, Steven Hamdani, dilaksanakan di Cafe La Vecchia Palopo, Sabtu (15/12).

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso  mengungkapkan bahwa terkait RPJMD  Kota Palopo menjadi tanggung jawab kita semua. Sejalan dengan Visi Palopo yakni maju, inovatif dan berkelanjutan.

“Sangat luas dan kompleks dalam pengertiannya namun kewajiban kita semua harus tau betul dan memahami hal-hal yang nantinya menjadi permasalahan dalam mewujudkan apa yang tertuang dalam RPJMD tersebut,” ungkap RMB.

Menggaris bawahi Maju dalam visi Kota Palopo,  lanjut RMB berkaitan dengan Semua sektor sarana dan prasarana, infrastruktur yang diupayakan semakin baik dan bagus. Untuk Inovatif, adalah keinginan pemerintah untuk selalu memberikan solusi terhadap segala persoalan melalui yang terkait layanan publik. Sementara untuk point berkelanjutan adalah upaya dimana dalam proses perjalanan pemerintahan tetap harmonis.

Lanjut RMB, selain tiga hal yang dimaksud, beberapa hal yang menjadi bahan perhatian pemkot palopo saat ini adalah memperbaiki kualitas SDM, sebagai hal terpenting terhadap kemajuan suatu daerah atau negara.

“Apalagi kedepannya kita akan memasuki revolusi industri yang akan menuntut SDM yang lebih mampu bersaing dalam segala hal, ” Ungkapnya.

Terkait angka pengangguran di Kota Palopo, tambah RMB, membuktikan kalau saat ini masyarakat masih perlu ada upaya untuk peningkatan perekonomiannya. Minimal tingkat daya beli masyarakat bisa bertambah.

“Jadi memang kompleks apalagi saat ini, tata kelola pemerintahan masih beradaptasi dengan berbagai aturan yang ada sehingga sangat diperlukan SDM yang matang dan bermental kuat,” jelas RMB.

Pada diakusi yang berlangsung alot tersebut RMB tak lupa memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan diakusi tersebut dan hasil diskusi bisa memberikan masukan terkait RPJMD.

Selain Wakil Walikota Palopo, dan Ketua Pansus RPJMD. Diskusi tersebut juga menghadirkan mahasiswa Pasca Sarjana UMI, Afrianto Nurdin,  Akademisi Unanda, Amiruddin Akbar, perwakilan Bappeda, dan Balitbangda dan peserta Diskusi. (*)

Komentar