oleh

RMB: Pastikan Semua Anak Imunisasi MR

RADARLUWURAYA – Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso (RMB) mengajak kepada seluruh orang tua memastikan anaknya telah mendapatkan imunisasi Measles Rubella (MR).

Demikian disampaikan RMB saat memberikan sambutan pada pertemuan Penguatan Imunisasi Rutin dan Percepatan Pencapaian Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kota Palopo, di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Senin (10/12/2018).

RMB menekankan, semua harus bertanggung jawab terhadap pelaksanaan imunisasi MR. Target Dinas Kesehatan, 95% anak di Kota Palopo menerima imunisasi MR. Saat ini, yang terealisasi baru mencapai 57%.

BACA JUGA : Tegas, Husler Larang Kepala OPD Perjalanan Dinas

RMB mengingatkan para Camat dan Lurah, agar membantu mendaftarkan anak yang belum di imunisasi, diwilayahnya masing-masing.

”Imunisasi MR ini untuk anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Kita harus memastikan bahwa anak kita semua sudah mendapatkan imunisasi MR,” kata RMB.

Mantan ketua DPRD Kota Palopo ini menambahkan, pada Minggu keempat di bulan Desember, akan dilakukan evaluasi terkait pencapaian pelaksanaan imunisasi MR. Saat itu juga, target 95% anak-anak sudah melakukan imunisasi harus tercapai.

”Pastikan anak-anak kita sudah di imunisasi MR,” tegas RMB.

BACA JUGA : Tergabung di Group H, Ini Jadwal PSM di AFC 2019

Sementara itu, Mewakili Kepala Kementerian Agama Kota Palopo, H. Ahmad Pattola mengatakan, Vaksin MR, berdasarkan Fatwa MUI No 33 tahun 2018 tentang penggunaan Vaksin MR yang merupakan produksi Serum Institute of India (SII) boleh dikonsumsi.

Keputusan itu kata dia, didasarkan pada tiga hal yaitu, kondisi darurat syar’iyyah (Kondisi Keterpaksaan), keterangan dari ahli yang kompeten dan dipercaya menyatakan bahwa terdapat bahaya yang timbul bila tidak imunisasi.

“Vaksin MR sangat dibutuhkan kepada anak-anak kita, oleh karena itu supaya ada pemahaman yang harus disepakati bahwa penggunaan vaksin harus diaplikasikan,” katanya.

MUI memperbolehkan kegunaan Vaksin karena mempertimbangkan banyaknya manfaat dari Vaksin dibandingkan dengan kekurangannya. Vaksin itu akan berdampak pada ketahanan/kekebalan tubuh anak. (john)

Komentar