oleh

Rusak Parah, Pos Laut Palopo Butuh Perhatian

RADARLUWURAYA – Kondisi pos laut Kota Palopo yang terletak di Pantai Songka rusak parah. Dari pantauan Radarluwuraya.com Jumat, (23/11/2018), terlihat disejumlah bagian pos laut tersebut mengalami kerusakan. Khususnya pada bagian tiang penyanggah bangunan yang terbuat daru kayu itu.

Pos laut ini biasa nya digunakan untuk memantau aktivitas kegiatan malam yang ada di sekitaran laut. Juga dijadikan oleh warga sekitar sebagai tempat rekreasi memancing.

BACA JUGA : Husler Uji Coba Speedboat Bantuan DKP Sulsel

Terlihat, banyak anak tangga yang patah dan tiang bangunan lapuk terkikis ombak. Bangunan ini terancam rubuh jika pihak pemerintah terus menutup mata terhadap kondisi bangunan tersebut.

Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Palopo, Syamsuddin yang dikonfirmasi wartawan menyebutkan, jika terkait bangunan pos laut tersebut, bukan lagi menjadi tanggungjawab pihak DKP Kota Palopo. Pos laut itu sudah menjadi kewenangan provinsi, berdasarkan regulasi yang ada.

BACA JUGA : Lestarikan Terumbu Karang, DPK Palopo Apresiasi Mahasiswa Bio Sains UNCP

”Untuk penanganan laut Kota Palopo, sekarang Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Palopo sudah tidak ada kewenangan. Karena sudah ada undang-undang yang berlaku, bahwa urusan kelautan sekarang diambil alih oleh provinsi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, untuk kondisi rusaknya pos laut Kota Palopo, pihak DKP Kota Palopo sudah beberapa kali melaporkan ke pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

”Kita sudah sampaikan ke Pemprov. Hanya saja terkendala pada persoalan anggaran,” tandasnya. (rian)

Komentar