oleh

RYF 2018 Diproyeksi Gairahkan Kejayaan Pertanian Kakao Lutra

RADARLUWURAYA.com – Swisscontact kerjasama dengan PT. Mars Indonesia gelar Rural Youth Fair (RYF) 2018 di Lapangan Taman Siswa (Tamsis) Masamba, Kabupaten Luwu Utara Rabu, (19/12).

Cocoa Academy Manager Fajar, Paulus Niong menyampaikan, kegiatan ini merupakan inisiasi oleh kelompok anak muda dalam naungan next gen youth engagement in cocoa farming sector atau proyek keterlibatan anak muda dalam ekosistem pertanian.

“Program next gen dimaksudkan untuk memberdayakan generasi petani kakao untuk membangun ekosistem kakao dan memastikan penghidupan pedesaan bagi generasi muda dari dimensi sosial untuk keberlanjutan perkebunan khususnya kakao di indonesia,” jelas Paulus.

Disebutkanya, tujuan utama dari kegiatan ini sebagai media bagi pemuda generasi penerus di daerah untuk belajar dan berbagi pengetahuan tentang kehidupan pedesaan.

“Membantu generasi muda untuk penerapan ilmu pengetahuan berbasis sains dan budidaya kakao dan memberi ruang bagi pemuda daerah pedesaan untuk berkarya,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini pula dirangkaikan dengan pameran yang menjadi minat anak muda, termasuk lomba workshop pembuatan baby lotion, photografi, pembuatan website dan lomba makan coklat. “Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 19-20 Desember 2018,” katanya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Ir. H. Abdul Mahfud mengklaim, Luwu Utara merupakan salah satu Kabupaten penghasil kakao terbesar di Sulawesi Selatan.

“Kabupaten Luwu Utara mempunyai bibit unggul yaitu MCC 02, dan beberapa saat yang lalu Kabupaten Luwu Utara mendapat penghargaan sebagai salah satu Kabupaten yang peduli dengan perkebunan (kakao),” beber Mahfud.

Untuk itu dia berharap, dengan adanya kegiatan ini, kejayaan kakao di Luwu Utara kembali unggul melalui peran atau sumbangsi anak muda dalam menginspirasi dan menggerakkan perkebunan kakao khususnya di Luwu Utara. (Herman)

Komentar